Pengaruh Program Sapta Pesona Terhadap Kepuasan Pengunjung Pada Obyek Wisata Alam di Indonesia

Deddy Wibowo, Adhinugroho (2022) Pengaruh Program Sapta Pesona Terhadap Kepuasan Pengunjung Pada Obyek Wisata Alam di Indonesia. [Experiment]

[img] Text
Pengaruh Program Sapta Pesona Terhadap Kepuasan Pengunjung.pdf

Download (77kB)
Official URL: http://repository.unsada.ac.id/cgi/oai2

Abstract

Sektor pariwisata dewasa ini telah menjadi salah satu bidang industri yang mengalami pertumbuhan yang sangat pesat, baik dari sisi kuantitas, persebaran wilayah, nilai ekonomi bisnis, dan kualitas produknya. Dimana dalam industri pariwisata adalah nilai kepuasan pengunjung dan pengalaman positif yang menjadi tolak ukur utama sebagai penentu keberhasilan dalam seluruh kegiatan di sektor ini, yang keberhasilannya dapat diukur dari tingkat pertumbuhan jumlah pengunjung. Namun dikarenakan oleh terjadinya pandemi global Covid-19 kondisi kepariwisataan di Indonesia pada tahun 2020-2021 mengalami penurunan yang sangat drastis, sehingga diperlukan usahausaha khusus untuk mengembalikan dan mendorong pertumbuhan pengunjung kepariwisataan agar dapat kembali menjadi penggerak perekonomian negara dan masyarakat. Sapta Pesona sebagai salah satu progam pemerintah Republik Indonesia yang diharapkan dapat sebagai pendorong perwujudan kepuasan pengunjung untuk memulihkan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dari sektor kepariwisataan di Indonesia. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan mengukur seberapa besar pengaruh Sapta Pesona terhadap kepuasan pengunjung pariwisata, khususnya pada obyek wisata alam di Indonesia. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif kuantitatif melalui metode Structural Equation Model (SEM), dengan uji validitas dan reliabilitas menggunakan metode Cronbach’s Coefficient Alpha terhadap seluruh instrumen penelitian kepada 100 orang responden purposive sampling melalui kuesioner yang ditujukan hanya kepada responden yang sudah pernah mempunyai pengalaman berkunjung ke obyek wisata alam di Indonesia.

Item Type: Experiment
Uncontrolled Keywords: Pariwisata; Sapta Pesona; Kepuasan Pelanggan
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences /Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 658.8342 Consumer Behavior/Perilaku Konsumen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Julia Ningsih Perpustakaan
Date Deposited: 24 Feb 2023 02:50
Last Modified: 24 Feb 2023 02:50
URI: http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/5671

Actions (login required)

View Item View Item