TUGAS AKHIR PERANCANGAN SEMI SUBMERSIBLE HEAVY LIFT VESSEL 50000 DWT

Maulana Salman, Alfarisyi (2022) TUGAS AKHIR PERANCANGAN SEMI SUBMERSIBLE HEAVY LIFT VESSEL 50000 DWT. Other thesis, Unsada.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (79kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
Bab VI.pdf

Download (143kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (122kB)
[img] Text
Turnitin.pdf

Download (198kB)
Official URL: http://repository.unsada.ac.id/cgi/oai2

Abstract

Indonesia merupakan negara maritim dimana perpindahan barang ataupun manusia membutuhkan angkutan sebagai transportasi. khususnya pada bidang minyak bumi yang membutuhkan bangun lepas pantai sebagai platform . Sebagai negara berkembang bangunan offshore di pesan dari luar negri seperti Belanda dan Korea Selatan. Untuk mengurangi waktu transit, meningkatkan manajemen waktu transit, dan yang terpenting, memaksimalkan keamanan kargo untuk berbagai jenis kargo, dari kargo terapung atau kargo non-mengambang. akan diangkut mengingat biaya muatan yang besar. Mengacu pada uraian di atas, Indonesia membutuhkan kapal pengangkat berat semi submersible Heavy Lift. Pada perancangan kapal semi-submersible ini menggunakan jenis open deck ship cargo dan jenis pemuatan float on-off dengan metode desain kapal menggunakan metode Parent Desigm Approach dan Trial And Error, metode perhitungan stabilitas yang digunakan yaitu metode A.N-Krylov dan perhitungan hambatan yang digunakan yaitu Holtrop. Sedangkan untuk perhitungan kapal yang digunakan metode kapal pembanding dan pada perencanaan yang menghasilkan kapal dengan Loa = 219 m, Lpp= 207,5 Lwl = 214 m, B = 42 m, H = 13 m, T = 10 m, Displacement = 76649,664 ton, LWT = 26649,664 , V = 15 knot. Dalam perancangan Lines Plan Semi Submersible Heavy Lift Vessel untuk hasil perhitungan hidrostatik, kapal memiliki koefisien blok (Cb) = 0,832, koefisien garis air (Cw) = 0,935, koefisien midship (Cm) = 0,982, koefisien prismatic (Cp) = 0,847. Hambatan 995,3 kN dengan power 7680,324 kW. Analisa Stabilitas mengunakan 4 kondisi dan memenuhi criteria IMO Intact Stability A.749(18) dan Ch.8C - Alternative simplified criteria for vessels lifting heavy loads in operational areas D and E. Analisa Seakeping meunjukan kapal memenuhi criteria pada tinggi gelombang 4m,dan Deck Wetness kapal memenuhi dalam tinggi gelombang 2-8 m.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Dry Transport, Hambatan, Heavy Lift, Stabilitas, dan Semi Submersible Ship.
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences /Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 623.8 Nautical Engineering and Seamanship/Teknik Perkapalan, Teknik Nautika dan Ilmu Angkatan laut
Divisions: Fakultas Teknologi Kelautan > Teknik Perkapalan
Depositing User: Julia Ningsih Perpustakaan
Date Deposited: 22 May 2023 04:57
Last Modified: 22 May 2023 05:44
URI: http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/6246

Actions (login required)

View Item View Item