IMPLEMENTASI DATA MINING DALAM PROYEKSI PEMASARAN PRODUK MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA K-MEANS DAN METODE MONTE CARLO

Sri Ginda, Tanjung (2022) IMPLEMENTASI DATA MINING DALAM PROYEKSI PEMASARAN PRODUK MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA K-MEANS DAN METODE MONTE CARLO. Other thesis, UNSADA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (580kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (708kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (509kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (551kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (847kB)
[img] Text
HASIL TURNITIN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB)
Official URL: http://repository.unsada.ac.id/cgi/oai2

Abstract

Penjualan merupakan suatu unsur penting dalam suatu perusahaan bidang pemasaran, pada permasalahan yang umum dihadapi oleh para pemilik perusahaan adalah bagaimana memprediksi atau meramalkan penjuaan barang di masa mendatang berdasarkan data yang telah direkam sebelumnya. Toko Arr Store Indoenesia merupakan toko yang bergerak dibidang perdagangan yang menyediakan berbagai macam banyak produk berkualitas yang berasal dari dalam maupun luar negeri. Pada saat ini toko belum ada sistem yang mengatur prediksi atau peramalan untuk melakukan prediksi target penjualan produk dan prediksi pada stok barang pada Toko Arr Store Indonesia. Sehingga sering terjadi penumpukan barang, barang rusak atau bahkan kekurangan stok barang yang mengakibatkan kerugian bagi perusahaan. Maka dari itu diperlukan suatu sistem prediksi atau peramalan penjualan yang bersifat terkomputerisasi oleh karena itu peneliti melakukan penerapan dengan melakukan implementasi menggunakan sebuah aplikasi datamining menggunakan metode algoritma K-Means dan Monte Carlo yang mendapatkan hasil pengujian menggunakan metode K-Means mendapatkan hasil clustering dengan nilai akurasi sangat laris 78,8%, cukup laris 15,2%, kurang laris 6,1%, dan untuk keakurasian produk menggunakan confusion matrix mendapatkan hasil Sangat Laris Accuracy 0.515, Precision 0.277, Recall 0.382, Cukup Laris Accuracy 0.515, Precision 0.277, Recall 0.417 dan Kurang Laris Accuracy 0.515, Precision 0.277, Recall 0.217. kemudian Berdasarkan pengujuan data transaksi jenis produk ARR QnC Jelly Gamat 100% Asli Obat Herbal Januari sampai dengan April menggunakan metode Monte Carlo mendapatkan pengakurasian hasil dari prediksi monte carlo di nyatakan dengan akurasi ARR QnC Jelly Gamat 100% Asli Obat Herbal yang sudah di proses menggunakan akurasi mean absolut presentasi error yaitu 94%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pemasaran, Datamining, Algoritma K-Means, Monte Carlo
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences /Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 658.8 Marketing, Management of Distribution/Marketing, Manajemen Distribusi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Depositing User: Suwatno Suwatno Perpustakaan
Date Deposited: 21 Oct 2023 06:27
Last Modified: 21 Oct 2023 06:27
URI: http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/6378

Actions (login required)

View Item View Item