Michael Arnold, Wonata (2022) TUGAS DESAIN KAPAL I PERENCANAAN FULL CONTAINER 360 TEUS. Other thesis, UNSADA.
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
|
Text
BAB 6.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
BAB 7.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
|
Text
BAB 8.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
BAB 9.pdf Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Secara global pola pengangkutan barang dari satu daerah ke daerah lain dewasa ini menggunakan container (peti kemas), dikarenakan keinginan agar barang terjamin pengirimannya serta untuk efisiensi bongkar dan muat di pelabuhan. Negara Indonesia yang memiliki banyak pelabuhan harus mulai mengembangkan pelabuhan untuk dapat melayani jasa bongkar-muat peti kemas jika tidak akan tertinggal dengan negaranegara lain di dunia khususnya negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura yang telah lebih dulu maju dalam persaingan jasa pengangkutan barang. Kapal yang digunakan untuk pengangkutan barang dalam peti kemas adalah kapal container (kapal peti kemas). Kapal peti kemas adalah suatu kapal yang dibangun khusus untuk mengangkut container atau peti kemas. Kapal yang ini biasanya dipakai secara khusus untuk tujuan perdagangan. Peti kemas adalah suatu kemasan yang dirancang secara khusus dengan ukuran tertentu, dapat dipakai berulang kali, dipergunakan untuk menyimpan dan sekaligus mengangkut muatan yang ada di dalamnya. Filosofi dibalik petikemas ini adalah adanya kemasan yang terstandar yang dapat dipindah-pindahkan ke berbagai moda transportasi laut dan darat dengan mudah seperti kapal laut, kereta api, truk atau angkutan umum lainnya sehingga transportasi ini efisien, cepat, aman dan juga sebagai satuan muat di pandang memiliki segi ekonomis maupun keamanan yang lebih terjamin dan terarah. Dimana barang-barang/kargo sudah disusun dalam sebuah pallet yang bernama container yang sudah mempunyai ukuran universal. TEU (Twenty feet Equivalent Unit) adalah peti kemas 20 kaki dan peti kemas 40 kaki.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teknik perkapalan |
Subjects: | 600 Technology and Applied Sciences /Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 623.8 Nautical Engineering and Seamanship/Teknik Perkapalan, Teknik Nautika dan Ilmu Angkatan laut |
Divisions: | Fakultas Teknologi Kelautan > Teknik Perkapalan |
Depositing User: | Suwatno Suwatno Perpustakaan |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 02:56 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 02:56 |
URI: | http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/6582 |
Actions (login required)
View Item |