IMPLEMENTASI PERAMALAN JUMLAH KEBUTUHAN MARKING CARD DAN MATERIAL FRAPPUCINO PADA LINI PRODUKSI BEVERAGES DI PT. X

Mochamad Erlangga, Abimanyu (2010) IMPLEMENTASI PERAMALAN JUMLAH KEBUTUHAN MARKING CARD DAN MATERIAL FRAPPUCINO PADA LINI PRODUKSI BEVERAGES DI PT. X. Other thesis, Universitas Darma Persada.

[img] Text
BAB 01.pdf

Download (497kB)
[img] Text
BAB 02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (736kB)
[img] Text
BAB 03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img] Text
BAB 04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (748kB)
[img] Text
BAB 05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Text
BAB 06.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: http://repository.unsada.ac.id/cgi/oai2

Abstract

PT.Sari Coffee Indonesia adaiah perusahaan yang bergerak dalam industri ritel Food and Beverages khususnya minuman yang berbasis kopi. Perusahaan yang memegang hak lisensi brand dari Starbucks Coffee International asal Amerika ini dalam melakukan strategi pemasarannya perusahaan selalu melakukan inovasi -- inovasi dari segala segi pelaku industri seperti mutu produk, po/a pemasaran, promosi sampai dengan tingkat pe/ayanan. Kecepatan serta ketepatan waktu pelayanan tanpa mengurangi kualitas produk itu sendiri menjadi suatu parameter terhadap performa perusahaan. Aplikasi sejenis dari kartu kanban yang dimiliki oleh perusahaan ini yang dikenal dengan marking card sangat membantu perusahaan dalam meminimalisir delay pada waktu pelayanan serta mengetahui berapa banyak komposisi material yang keluar untuk kemudian dijadikan dasar perencanaan kebutuhan material dimasa yang akan datang. utuhan marking card pada produk Frappucino adalah metode konstan, single eksponensial smoothing dengan a=0,5 dan moving average dengan M=3, sedangkan untuk perencanaan kebuiuhan material dimasa datang penulis menggunakan metode MRP (Material Requirements Planning) Metode yang digunakan dalam melakukan analisis peramalan j u Berdasarkan hasil pengolahan data yang telah dilakukan terhadap produk yang paling sering dipesan yaitu Frappucino Blended Beverages, Starbucks Coffee membutuhkan marking card sebanyak 11 kartu untuk item BBCB, 11 kartu untuk item Premix, 11 kartu untuk item CRS, 11 kartu untuk item CRL, 12 kartu untuk item JC dan 11 kartu untuk item UBB. Sedangkan hasil dari peramalan kebutahan material dengan MRP didapat order quantity untuk item BBCB sebanyak 180, item Premix sebanyak 155, item CRS sebanyak 380, item CRL sebanyak 150, item JC sebanyak 350 dan item UBB sebanyak 160. Implementasi dari marking card ini sangat berpengaruh dalam kinerja lini produksi beverages di Starbucks Coffee Indonesia. Alat ini membantu perusahaan dalam meningkatkan kinerjanya dari segi kualitas pelayanan terutama dalam meminimalisir kemungkinan terjadinya delay (hambatan) pada waktu pelayanan serta memberikan informasi kepada perencana material tentang berapa banyak inventori yang keluar serta berapa banyak kebutuhan material yang akan diorder untuk yang akan datang

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences /Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 658.8 Marketing, Management of Distribution/Marketing, Manajemen Distribusi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Trie anto Perpustakaan
Date Deposited: 14 Sep 2023 04:46
Last Modified: 13 Jun 2024 07:16
URI: http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/6731

Actions (login required)

View Item View Item