Irene, Rusbianto (2018) Penelitian Motivasi Dan Proses Pembelajaran Siswa/i Sekolah Menengah Kejuruan Dalam Mempelajari Bahasa Mandarin Di Yayasan Permata Bunda I. Other thesis, Universitas Darma Persada.
|
Text
Cover, dll..pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (815kB) | Preview |
|
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (572kB) |
||
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
Text
Bab IV.pdf Download (595kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (580kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Motivasi merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi seseorang dalam mempelajari Bahasa Asing. Oleh sebab itu, penulis melakukan penelitian atas dasar landasan teori tiga tingkat dari Dornyei untuk mengetahui karakteristik dan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi serta proses pembelajaran Bahasa Mandarin siswa/i SMK Permata Bunda I. Teori tiga tingkat Dornyei meliputi: Pertama yaitu tingkat bahasa yang merupakan gabungan dari orientasi dengan kepentingan sosial atau kultural (integratif) dan orientasi dengan kepentingan akademis atau karir (instrumental); Kedua yaitu tingkat pelajar,kebutuhan akan rasa prestasi pribadi dan membangun rasa percaya diri; Ketiga yaitu tingkat situasional belajar yang berhubungan dengan faktor dari kurikulum, tenaga pengajar, kelompok belajar. Di samping itu, motivasi juga akan berbeda karena adanya perbedaan dari faktor individual. Oleh scbab itu, penulis meneliti dari beberapa faktor seperti tingkat kelas, jenis kelamin, ada tidaknya les Mandarin di luar sekolah,dan lain-lain terhadap tiga tingkat teori Dornyei pada motivasi siswa SMK Permata Bunda I di Jakarta. Penelitian ini diterapkan siswa-siswi di Yayasan SMK Permata Bunda I yang berjumlah 150 siswa tentang motivasi pembelajaran bahasa Mandarin. Hasil kuesioner tersebut dianalisisa dengan menggunakan bantuan Ms. EXCEL dan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum perubahan motivasi siswa di Yayasan SMK Permata Bunda I Jakarta dipengaruhi oleh faktor tingkat bahasa,tingkat pelajar dan tingkat situasional belajar, yang menjadi penggerak utama yang membawanya untuk mempelajari Bahasa Mandarin. Di antara tiga tingkat motivasi ini,tingkat yang menunjukkan pengaruh yang sangat signifikan adalah pada tingkat bahasa, motivasi integrasi dan instrumentalisme yang tergolong kategori yang lebih tinggi pada motivasi belajar bahasa Mandarin siswa SMK Permata Bunda I Kata Kunci: Yayasan Permata Bunda I, siswa/i SMK, Bahasa Mandarin, motivasi belajar 动机是影响二语学习的重要因素之一,它既是语言学习的源动力,也是语言学习过程中一种持续的驱动力。因此,为了探讨美宝三语学校高中生(SMK)汉语学动机的特点以及学习汉语的过程,笔者运用Dornyei的三层次学习动机理论来进行考察,其中有语言层面,整合了融入型动机工具型动机一工具型动机:学习者层面包括成就需要和自信心的建立;学习情境层面是与课程,教师和小组的动机要素有关的,此外,学习动机也会因个体因素的特点而产生出差异,所以笔者从年级,性别,和补习等方面对美宝三语学校高中生(SMK)汉语学习动机的三个层面进行考察。 本研究对3个班的高中生(SMK)进行问卷调查法,共发放调查问卷150份,然后采用Ms. EXCEL和SPSS软件对调查结果进行统计分析。研究结果表明,总体上来讲,在影响动机变化因素中,美宝学校高中(SMK)生受语言层面因素,学习者层面和情境层面因素影响大。 【关键词】 美宝三语学校;高中生(SMK);汉语;学习动机;过程
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Yayasan Permata Bunda I, siswa/i SMK, Bahasa Mandarin, motivasi belajar |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu Sosial > 371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Bahasa Dan Budaya > Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok |
Depositing User: | Fachry Al-Tolah Perpustakaan |
Date Deposited: | 23 Jan 2019 02:34 |
Last Modified: | 23 Jan 2019 02:34 |
URI: | http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/677 |
Actions (login required)
View Item |