PENGGUNAAN METODE QFD DALAM PENGEMBANGAN SUATU SISTIM JASA PURNA JUAL FORKLIFT DI PT.X

Dion, Octavianus (2005) PENGGUNAAN METODE QFD DALAM PENGEMBANGAN SUATU SISTIM JASA PURNA JUAL FORKLIFT DI PT.X. Other thesis, Universitas Darma Persada.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (686kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (776kB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (834kB)
Official URL: http://repository.unsada.ac.id/cgi/oai2

Abstract

Setiap upaya bisnis akan sampai pada hal yang disebut bottom line, atau profit. Bagaimana perusahaan dapat menghasilkan keuntungan, singkat kata adalah bila perusahaan dapat memberikan "Kualitas" kepada pelanggannya, kualitas dalam arti yang lebih spesifik adalah memenuhi keinginan pelanggan. Kualitas yang dimaksud pelanggan tidak dapat dengan mudah diterjemahkan dalam proses membuat produk maupun jasa pelayanan. Perusahaan seat ini sedang menghcdapi masalah servis purna jual performance yang menurun. Ditambah dengan kompetisi pasar yang semakin ketat. Dalam perkembangan ilmu manajemen yang pesat. Telah ditemukan suatu metodologi yang disebut Quality Function Deployment serta dilengkapi dengan Kano model. Manajemen tools ini digunakan oleh perusahaan untuk dapat secara terukur mengarai keinginan pelanggan yang bersifat kualitatif kedalam turunan sub sistem level yang lebih rendah dan bersifat kuatitatif, sampai kepada tingkat proses paling dasar dengan suatu hubungan sebab akibat yang logis terstruktur dan mewakili kompetensi dari seluruh perangkat perusahaan. Metode ini juga disertai uji statistik data untuk validitasnya. Dari permasalahan tersebut dilakukanlah suatu pengembangan purna jual dengan memanfatkan metode tools QFD dengan memformulasikan seluruh kegiatan pencarian data keinginan pelanggan, matrikulasi Kano model dan QFD sampai ditemukan suatu rangkaian tentang apa yang dibutuhkan perusahaan untuk lebh dapat menjawab kebutuhan pelanggan. Sera diperkuat dengan hasil dart uji statistik. Pada akhirnya QFD dapat menemukan parameter dan analisa tentang apa yang harus dilakukan perusahaan dalam mengelola bisnis mereka melalui pareto score dari masing masing tahapan QFD. Pareto score tersebut menccrminkan prioritas yang ada berdasarkan pengolahan matrik, dan dapat dipakai untuk membangun kebijakan menyeluruh dalam bisnis yang digali dari semua kompetensi perusahaan yang ada. Disamping itu secara tidak langsung perusahaan akan dapat menemukan variabel utama yang terpenting dalam mengimplementasikan QFD sebagai management tools. Didukung data yang faktual dan uji data yang akurat, niscaya perusahaan dapat engandalkan QFD sebagai salah satu tools unggul untuk berkompetisi di pasar.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode QFD
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences /Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 658.82 Sales Promotion/Promosi Pemasaran, Promosi Penjualan
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Trie anto Perpustakaan
Date Deposited: 26 Sep 2023 03:45
Last Modified: 26 Sep 2023 03:45
URI: http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/6796

Actions (login required)

View Item View Item