ANALISIS PENENTUAN BOBOT KRITERIA EVALUASI PELATIHAN DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DI PT. X

Atik, Subandiyah (2005) ANALISIS PENENTUAN BOBOT KRITERIA EVALUASI PELATIHAN DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DI PT. X. Other thesis, Universitas Darma Persada.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (896kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (664kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.unsada.ac.id/cgi/oai2

Abstract

Tenaga kerja merupakan salah satu faktor penting dalam menentukan keberhasilan suatu perusahaan. Agar karyawan mempunyai kemampuan secara penuh dalam melaksanakan pekerjaan mereka maka perusahaan wajib menerapkan suatu sistem pelatihan dan pengembangan karyawan, namun untuk menilai program pelatihan, manajemen mengevaluasi kegiatan-kegiatan pelatihan secara sisitematis. Manfaatnya adalah harus perusahaan dapat mengetahui sejauh mana program pelatihan karyawan yang diterapkan dapat membawa hasil yang di inginkan serta mencapai sasaran. Untuk itu metode yang digunakan adalah Analytical Hierarchy Process (AHP) guna menentukan bobot kriteria-kriteria dalam evaluasi program pelatihan. Kekuatan AHP tertetak pada struktur hirarinya yang memungkinkan seseorang memasukkan semua faktor penting, dan mengaturnya dari atas kebawah mulai dengan yang paling penting ketingkat yang berisi alternatif untuk dipilih mana yang terbaik. Langkah pertama dalam menerapkan AHP adalah membuat hirer! mengenai kriteria-kriteria untuk mengevaluasi pelatihan dengan menyebarkan kuesioner, langkah kedua melakukan perbandingan berpasangan tingkat kepentingan antar kriteria dan sub kriteria untuk menertukan bobotnya,dan langkah terakhir adalah mengujj konsistensi penilaian tersebut. Dan dari hasi pembobotan kriteria yang memiliki bobot terbesar adalah kualinas pengajaran yaitu 35.5% dengan tingkat konsistensi 0.04, kecukupan isi pelatihan 11.9% dengan konsitensi 0.01, perilaku peserta dan instruktur 32% nilai konsistensinya 0.08,kualitas pengajaran 11.9% dengan konsistensi 0.02,dan rasio ceramah 10.7% dengan konsistensi 0.01. Dari hasil penelitian menyimputkan bahwa tingkat onsistensi dari seluruh kriteria yang dihasilkan <10% sehingga dar ketentuan tersebut seluruh kriteria dapat diterima dan bisa digunakan dalam mengevaluasi pelatihan berdasaran Analytical Hierarchy Process (AHP), guna meningkatkan sistem pelatihan pada perusahaan agar menghasilkan aryawan yang memiliki pengetahuan serta keterampi an yang tinggi sehingga memiliki kinerja dan moral yang baik dalam perusahaan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences /Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 658.606 Job Evaluasi/Evaluasi Kerja
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Trie anto Perpustakaan
Date Deposited: 20 Oct 2023 07:32
Last Modified: 20 Oct 2023 07:32
URI: http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/6904

Actions (login required)

View Item View Item