Usulan Pengembangan Sistem informasi Persediaan Pada Bagian Logistik, Percetakan PT. Gramedia, Jakarta

Bernardus Dwi Priyo, Santoso (2001) Usulan Pengembangan Sistem informasi Persediaan Pada Bagian Logistik, Percetakan PT. Gramedia, Jakarta. Other thesis, Universitas Darma Persada.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.unsada.ac.id/cgi/oai2

Abstract

Percetakan PT. Gramedia, Jakarta adalah perusahaan industri yang bergerak di bidang Percetakan, dimana khususnya meliputi pencetakan surat kabar, majalah, tabloid, dan buku. Bagian logistik di Percetakan PT. Gramedia mempunyai wewenang untuk mengendalikan persediaan bahan baku untuk mendukung kelancaran produksi. Dalam menjalankan tugasnya Bagian Logistik didukung oleh Sistem Informasi Persediaan dengan tujuan untuk memudahkan kinerjanya. Sistem informasi persediaan yang ada saat ini hanya menyediakan laporan-laporan bulanan sebagai berikut : laporan pembelian barang, laporan penerimaan barang, dan laporan pengeluaran barang. Permasalahan yang sering terjadi adalah tidak adanya tingkat keakuratan persediaan antara jumlah keadaan sebenarnya dengan jumnlah pencatatan secara administrasi. Oleh karena itu untuk mengatasi permasalahan yang ada, maka penulis melakukan penelitian dengan tujuan untuk pengembangan sistem informasi persediaan. Tahapan-tahapan penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penetapan kebijakan dan perencanaan penelitian, analisa pengembangan sistem informasi persediaan dan disain sistem informasi persediaan. Dari tahapan-tahapan yang dilakukan didapatkan hasil yang merupakan usulan untuk pengembangan sistem informasi persediaan. Setelah melakukan peneitian dan pengembangan Sistem Informasi Persediaan, maka didapat pokok pengembangan pada: • Perbaikan pada kegiatan penerimaan barang dengan usulan penerbitan Dokumen Bon Barang Masuk (BBM). 2. Penambahan masukan kegiatan dari sistem berupa kegiatan kerusakan barang, kegiatan ini diajukan bila ada kerusakan barang dalam perusahaan dengan mengajukan dokumen. Usulan dokumen yang digunakan adalah Bon Barang Masuk (BR). 3. Penambahan masukan kegiatan dari sistem berupa kegiatan sisa barang, kegiatan ini digunakan bila ada barang sisa produksi yang harus dikembalikan dengan mengajukan dokumen. Usulan Dokumen yang digunakan adalah Bon Sisa Barang (BSB). Sehingga dari adanya pengembangan ini dapat diperoleh keakuratan jumlah persediaan yang ada dalam perusahaan secara tepat dari pencatatan pengurangan dan penambahan jumlah barang yang diusulkan, maka diharapkan dapat menyempurnakan sistem terdahulu dalam perusahaan secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Manajemen persediaan
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences /Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 658.7 Management of Supplies/Manajemen Persediaan
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Julia Ningsih Perpustakaan
Date Deposited: 23 Oct 2023 04:44
Last Modified: 23 Oct 2023 04:44
URI: http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/6925

Actions (login required)

View Item View Item