Farhan David, Yunia (2023) ANALISA KEAKURATAN INSIDEN HONNOJI DI VIDEO GAME SAMURAI WARRIORS 5 DALAM SEJARAH JEPANG. Other thesis, UNSADA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (972kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (930kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB 4.pdf Download (552kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (621kB) |
|
Text
HASIL TURNITIN.pdf Restricted to Registered users only Download (540kB) |
Abstract
Penelitian yang berjudul “ANALISA KEAKURATAN INSIDEN HONNOJI DI VIDEO GAME SAMURAI WARRIORS 5 DALAM SEJARAH JEPANG” ini membahas mengenai akurasi peristiwa insiden Honnoji dalam sejarah Jepang yang direpresentasikan pada cerita video game Samurai Warriors 5. Samurai Warriors 5 menceritakan konflik-konflik pada era Sengoku melalui sudut pandang dua tokoh sejarah Jepang, Mitsuhide Akechi dan Nobunaga Oda. Cerita Samurai Warriors 5 berawal dari klan Oda yang pada saat itu merupakan salah satu klan kecil yang menguasai provinsi Owari, dipimpin oleh Nobunaga, dan diakhiri dengan insiden Honnoji yang menandakan akhir dari kekuasaan klan Oda serta akhir dari perjalanan hidup Nobunaga dalam ambisinya menyatukan negara Jepang. Kekuasaan Nobunaga Oda diakhiri oleh bawahan sekaligus salah satu jenderal terpercayanya, Mitsuhide Akechi, yang melancarkan penyerangan ke kuil Honnoji dan mengkhianati Nobunaga. Penelitian ini dilakukan dengan metode analisis deskriptif. Dengan terkumpulnya data- data dari karya ilmiah berjudul “Akechi Mitsuhide”, “The Greatest Mystery in Japanese History: The Honnoji Incident”, serta buku-buku dan jurnal lainnya, peneliti mengimplementasi teori re-thinking oleh R.G. Collingwood dalam menganalisis hal- hal terkait dengan insiden Honnoji. Melalui teori re-thinking dan data-data yang diperoleh, peneliti dapat mengetahui informasi mengenai insiden Honnoji serta tokoh- tokoh yang terlibat dalam insiden tersebut pada sejarah sesungguhnya, dan membandingkannya dengan insiden Honnoji dalam Samurai Warriors 5 untuk mengetahui hasil keakuratan representasi sejarah Jepang pada video game tersebut.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sejarah, video game, analisis |
Subjects: | 900 History, Events/Ilmu Sejarah, Kejadian > 952 History of Japan/Sejarah Jepang |
Divisions: | Fakultas Bahasa Dan Budaya > Bahasa dan Kebudayaan Jepang |
Depositing User: | Suwatno Suwatno Perpustakaan |
Date Deposited: | 09 Nov 2023 07:03 |
Last Modified: | 09 Nov 2023 07:03 |
URI: | http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/7129 |
Actions (login required)
View Item |