Chandra Philanthrope, Renomme (2023) SISTEM REKOMENDASI TOUR & TRAVEL MENGGUNAKAN COLLABORATIVE FILTERING DAN CROSS SELLING PADA PT. MMBC TOUR & TRAVEL. Other thesis, UNSADA.
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (655kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (730kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (491kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (618kB) |
|
Text
HASIL TURNITIN.pdf Restricted to Registered users only Download (501kB) |
Abstract
Sistem rekomendasi merupakan solusi bagi customer yang membutuhkan rekomendasi travel sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Jika tidak ada orang yang dapat memberikan rekomendasi secara langsung, maka Collaborative Filtering dan metode Cross Selling dapat digunakan. Collaborative Filtering menganalisis perilaku dan preferensi pelanggan berdasarkan data historis dan data dari pelanggan lain yang memiliki profil atau preferensi serupa. Hal ini memungkinkan sistem rekomendasi untuk memberikan rekomendasi yang lebih personal dan sesuai dengan minat masing-masing pelanggan. Metode Cross Selling menggunakan data rating kosong untuk menghasilkan rekomendasi item. Dari hasil prediksi rating tersebut, item-item dapat diurutkan berdasarkan rating tertinggi hingga terendah, dan dapat menjadi daftar item rekomendasi (Top-N recommendation) untuk customer. Batasan jumlah item rekomendasi dapat ditentukan, misalnya 5 item atau 10 item. Algoritma Pearson Correlation digunakan untuk menghitung kesamaan (similarity) antara dua produk berdasarkan preferensi pelanggan. Metode statistik ini mengukur hubungan linear antara dua variabel dan membantu mengidentifikasi sejauh mana dua produk memiliki preferensi pelanggan yang serupa berdasarkan kriteria yang telah ditentukan,Dengan menggunakan sistem rekomendasi ini, customer akan mendapatkan rekomendasi travel yang sesuai dengan minat dan kriteria mereka, membantu meningkatkan pengalaman pelanggan dalam memilih destinasi perjalanan yang tepat.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tour and Travel, Collaborative Filtering dan Cross seling. |
Subjects: | 000 Generalities/Karya Umum > 005.3 Programs/ Program |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Informatika |
Depositing User: | Suwatno Suwatno Perpustakaan |
Date Deposited: | 03 Jan 2024 04:38 |
Last Modified: | 03 Jan 2024 04:38 |
URI: | http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/7301 |
Actions (login required)
View Item |