DESAIN KAPAL WISATA DENGAN LAMBUNG KATAMARAN SEBAGAI PENUNJANG PARIWISATA DI DANAU TOBA

Raka Aditya, Wicaksono (2022) DESAIN KAPAL WISATA DENGAN LAMBUNG KATAMARAN SEBAGAI PENUNJANG PARIWISATA DI DANAU TOBA. Other thesis, UNSADA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (904kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (789kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (571kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (644kB)
[img] Text
HASIL TURNITIN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB)
Official URL: http://repository.unsada.ac.id/cgi/oai2

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendesain kapal pariwisata penyebrangan dengan lambung katamaran sebagai sarana rekreasi dan transportasi penunjang pariwisata di Danau Toba. Untuk mendapatkan ukuran utama kapal menggunakan metode Trend Curve Design dengan hasil yaitu panjang 21 meter, lebar 10,5 meter, tinggi 4 meter, dan sarat air 2,05 meter. Dari hasil perhitungan didapatkan displacement 55,825 Ton dengan jumlah penumpang 10 orang ditambah dengan 3 kru kapal. Rute pelayaran kapal dari Pelabuhan Ajibata menuju Sibisa Resort membutuhkan waktu ± 1 jam dengan kecepatan 10 Knot. Metode yang digunakan untuk menghitung hambatan kapal yaitu metode Holtrop dengan hasil hambatan total sebesar 21,6 kN dan mesin yang dipilih jenis electric motor sebesar 75 kW x 2 mesin. Kebutuhan kelistrikan navigasi kapal sebesar 295,2 kWh selama perjalanan. Kebutuhan baterai 402,3 kWH dan Panel Surya yang digunakan sebesar 292,03 kWH. Untuk metode analisa stabilitas kapal menggunakan metode A.N Krylov dan kriteria mengacu pada IMO A.749 (18) Code On Intact Stability Design Criteria Applicabel To All Ship dengan hasil memenuhi syarat. Metode analisa seakeeping menggunakan metode strip theory didapatkan hasil memenuhi syarat sesuai dengan 3 kriteria menurut Olson yaitu: Amplitude Average Roll 12 Degree, Amplitude Average Pitch 3 Degree, dan Significant Heave Accelerationt. Dan untuk analisa deck wetness didapatkan hasil 0% dengan kriteria maxmimal 0,5%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Deck Wetness, Hambatan, Katamaran, Pariwisata Danau Toba, Seakeeping, Stabilitas
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences /Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 623.8 Nautical Engineering and Seamanship/Teknik Perkapalan, Teknik Nautika dan Ilmu Angkatan laut
Divisions: Fakultas Teknologi Kelautan > Teknik Perkapalan
Depositing User: Suwatno Suwatno Perpustakaan
Date Deposited: 30 Dec 2023 04:22
Last Modified: 30 Dec 2023 04:22
URI: http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/7440

Actions (login required)

View Item View Item