Ivan, Ryadi (2024) IMPLEMENTASI METODE ASOSIASI DENGAN FP-GROWTH DAN CLUSTERING DENGAN K-MEANS UNTUK MENDUKUNG STRATEGI MARKETING (STUDI KASUS : KKGJ MART). Other thesis, UNSADA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (953kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (603kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Download (685kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (817kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (499kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (496kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (637kB) |
![]() |
Text
HASIL TURNITIN.pdf Download (556kB) |
![]() |
Text
SUKET_2019230155_Ivan Ryadi_Implementasi metode asosiasi dengan fp-growth dan clustering dengan k-means untuk mendukung strategi marketing (kkgj mart) - Ivan RyadiSianipar.pdf Restricted to Registered users only Download (673kB) |
Abstract
Pada saat ini, teknik data mining dengan aturan asosiasi sering digunakan untuk menganalisa pola penjualan, dengan memanfaatkan data transaksi penjualan yang kemudian diolah untuk mengetahui informasi data transaksi tersebut. Dalam kegiatan penjualan pada toko pemilik harus mengerti apa yang diinginkan pelanggan dalam memberikan kenyamanan berbelanja, terutama kemudahan dalam pemilihan paket produk yang disesuaikan berdasarkan transaksi penjualan. Oleh karena itu, penelitian ini melakukan analis pola data transaksi penjualan dengan menerapkan kedalam suatu aplikasi berbasis Website dengan metode asosiasi yaitu metode FP- Growth dan Clustering dengan K-Means untuk Strategi Marketing pemaketan produk agrotani berdasarkan data transaksi penjualan Dengan adanya aplikasi berbasis Website ini dapat mempermudah bagi kepala toko dalam pemaketan produk KKGJ Mart.Dari data transaksi penjualan, dan mengetahui hasil perbandingan metode FP-Growth dan Clustering dengan K-Means. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kombinasi antara FP-Growth dan K-Means clustering memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan strategi pemasaran yang lebih efektif. Dengan memaksimalkan nilai support dan confidence hingga 100%, pola asosiasi yang dihasilkan menjadi lebih relevan dan actionable. Selain itu, hasil clustering memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai segmentasi pelanggan, yang dapat diimplementasikan dalam kampanye pemasaran yang lebih terarah dengan di buatkan nya klasifikasi Murah tapi laku, Murah Tidak laku, Mahal Tapi laku, Mahal Tidak laku. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi yang berarti bagi KKGJ Mart dalam meningkatkan daya saing mereka di pasar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing Herianto,S.Pd.,M.T. |
Uncontrolled Keywords: | Website, Data Mining, Metode FP-Growth dan CLUSTERING DENGAN K-MEANS |
Subjects: | 000 Generalities/Karya Umum > 004.678 Internet, World Wide Web/Internet |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Informatika |
Depositing User: | Suwatno Suwatno Perpustakaan |
Date Deposited: | 01 Oct 2025 06:45 |
Last Modified: | 01 Oct 2025 06:45 |
URI: | http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/9017 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |