Hidayat, Dhuha (2024) ANALISI STRATEGI PENINGKATAN PELAYANAN DAN PENGAJARAN DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS DARMA PERSADA DENGAN METODE FUZZY SERVQUAL. Other thesis, UNSADA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (592kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Download (890kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (681kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 6.pdf Download (491kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (597kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
HASIL TURNITIN.pdf Download (571kB) |
![]() |
Text
SUKET_TURNITIN_2019220041_Hidayat_Dhuha_-_Hidayat_Dhuha - Hidayat Dhuha.pdf Restricted to Registered users only Download (670kB) |
Abstract
Layanan akademis diberikan oleh Fakultas Teknik Universitas Darma Persada yang selama ini selalu memanfaatkan teknologi dan otomasi berdasarkan pada kinerja manusia. Pelayanan yang diberikan mulai dari pembayaran BPP dan SKS, pendaftaran ulang/pendaftaran, penerimaan KHS dan lain-lain hingga kembali aktif konferensi. Berdasarkan penelitian yang diteliti oleh peneliti sebelumnya terhadap responden mahasiswa aktif 2019 - 2022, tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan di Fakultas Teknik Universitas Darma Persada belum memenuhi standar atau memenuhi ekspetasi yang diharapkan oleh mahasiswa. Dengan metode yang sama perlu sekiranya dilakukan pengukuran kembali tingkat kepuasan mahasiswa dengan tujuan untuk melihat perkembangan perbaikan pelayanan dilingkungan Fakultas Teknik. Data diambil pada rentang tahun 2023 dengan responden dari berbagai angkatan dan mahasiswa lima program studi. Dimensi – dimensi pada Service Quality (Tangibles, Realiability, Responsiveness, Assurance dan Emphaty) Nilai GAP yang didapatkan antara persepsi dengan harapan mahasiswa yang didapatkan dari dimensi tersebut sama yaitu 0 (Nol). Kepuasan mahasiswa yang diuji menggunakan metode Fuzzyservqual terhadap 41 atribut pernyataan, dengan nilai bobot yang diberikan pada setiap dimensi seperti Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy yang menghasilkan nilai rata-rata Servqual sebesar (= 0). Hal ini menunjukkan bahwa 41 klaim atribut tersebut telah memenuhi atau bahkan melebihi standar atau harapan yang diinginkan oleh mahasiswa. Kriteria capaian alumni melalui tracer study, dengan fokus pada masa studi menghasilkan durasi alumni dalam meraih gelar sarjana di fakultas teknik rata-rata selama (4,69 tahun) atau 4 tahun 7 bulan. Kriteria kedua, yaitu IPK, capaian alumni berdasarkan kriteria ini memiliki hasil rata-rata IPK sebesar 3.33 dari indeks prestasi kumulatif maksimal yaitu 4.00 dan kriteria yang ketiga, yaitu Waktu tunggu mahasiswa untuk mendapatkan pekerjaan, capaian alumni melalui kriteria ini menghasilkan rata-rata waktu tunggu alumni untuk mendapatkan pekerjaan pertamanya adalah selama < 3 bulan. Dari ketiga kriteria tersebut menunjukkan bahwa capaian alumni melalui tracer study telah berhasil mencapai prestasi yang baik. Strategi usulan yang dapat diusulkan seperti melakukan evaluasi pelayanan secara berkala yang meliputi evaluasi dosen oleh mahasiswa, evaluasi pelayanan program studi, evaluasi pelayanan tata usaha fakultas teknik. Strategi yang digunakan untuk meningkatkan kualitas pengajaran oleh dosen yaitu dengan cara melakukan evaluasi dosen secara berkala, meningkatkan jenjang pendidikan dosen dan meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian dan pengabdian masyarakat oleh dosen. Strategi yang dapat diusulkan untuk meningkatkan capaian alumni yaitu dengan mengadakan semester pendek, melakukan pendampingan skripsi mahasiswa, mengadakan responsi, mengadakan studi banding dan menjalin kerjasama dengan kemitraan baik Nasional maupun Internasional.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing I Dr. Ade Supriatna,S.T,M.T Dosen Pembimbing II Ario Kurnianto S.TP |
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan Mahasiswa, Mahasiswa, UNSADA, Servqual |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu Sosial > 378.101 College and University Administration/Administrasi Universitas, Administrasi Kampus |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
Depositing User: | Suwatno Suwatno Perpustakaan |
Date Deposited: | 01 Oct 2025 07:19 |
Last Modified: | 01 Oct 2025 07:19 |
URI: | http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/9019 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |