Syavila Raihan, Wijaya (2024) ANALISIS MANAJEMEN PERBAIKAN PADA MESIN ICE CREAM DENGAN PENERAPAN PREVENTIVE MAINTENANCE MENGGUNAKAN METODE FAULT TREE ANALYSIS DI PT FASTFOOD INDONESIA.TBK. Other thesis, UNSADA.
|
Text
COVER.pdf Download (819kB) |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (620kB) |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (759kB) |
|
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (642kB) |
|
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (958kB) |
|
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (621kB) |
|
|
Text
BAB 6.pdf Download (555kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (551kB) |
|
|
Text
HASIL TURNITIN.pdf Download (898kB) |
|
|
Text
SUKET TURNITIN.pdf Restricted to Registered users only Download (672kB) |
Abstract
Preventive Maintenance merupakan suatu teori yang digunakan oleh pekerja untuk mencegah terjadinya kerusakan atau cara perawatan yang direncanakan untuk pencegahan (preventive). Permasalahan pada kali ini berada pada sistem penjadwalan yang tidak teratur dan faktor kerusakan dari setiap mesin Ice Cream. Tujuan penelitian pada kali ini untuk menentukan faktor kerusakan pada Ice Cream Machine di perusahaan PT. Fastfood Indonesia.Tbk dan menentukan penjadwalan maintenance dengan teratur. Pada penelitian kali ini menggunakan metode Fault Tree Analysis dengan menggunakan perhitungan Mean Time To Repair dan Mean Time Before Failure. Penelitian ini dilakukan di daerah Jakarta Timur dengan mempertimbangkan faktor kerusakan pada sistem maintenance dan penjadwalan pada mesin Ice Cream. Analisis pertama pada peneltiian ini dilakukan pada penetuan pada faktor dalam kerusakan pada mesin Ice Cream . Analisis kedua pada penelitian ini dilakukan perhitungan dengan menggunakan Mean Time To Repair dan Mean Time Before Failure untuk menentukan tingkat keberhasilan pada proses maintenance di perusahaan tersebut. Analisis ini mendapatkan faktor kerusakan pada mesin Ice Cream yaitu sebanyak 5 faktor yaitu ada sejarah mesin, low skill, bahan baku tidak standar, lingkungan, perawatan dan mendapatkan hasil dari Mean Time To Repair dan Mean Time Before Failure terendah sebesar 92,39% yang menjadikan hasil availability di perusahaan tersebut pun optimal karena standarnya berada di angka 90%.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Additional Information: | Dosen Pembimbing I Ir Atik Kurnianto,M.Eng Dosen Pembimbing II Sarah Isniah,S.T.,M.T |
| Uncontrolled Keywords: | preventive maintenance, ice cream machine, mean time to repaire, mean time before failure, availability, Jakarta Timur |
| Subjects: | 600 Technology and Applied Sciences /Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 621.81 General Topic of Machine Engineering/Topik Umum tentang Teknik Mesin |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
| Depositing User: | Suwatno Suwatno Perpustakaan |
| Date Deposited: | 23 Oct 2025 03:05 |
| Last Modified: | 23 Oct 2025 03:05 |
| URI: | http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/9081 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
