Andre, Kristianto (2021) KARAKTERISASI KEBOCORAN MINYAK REM DALAM REM TROMOL SEBAGAI PENGEMBANGAN SINYAL KEGAGALAN REM. Other thesis, UNSADA.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (667kB) |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (922kB) |
|
|
Text
BAB 5.pdf Download (657kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (900kB) |
|
|
Text
SUKET TURNITIN.pdf Restricted to Registered users only Download (670kB) |
Abstract
Kerusakan rem adalah salah satu penyebab kecelakaan berlalu lintas yang sangat siginifikan. Hal ini sering terjadi pada kendaraan besar atau pada beberapa kendaraan kecil yang dapat menimbulkan luka ringan, luka berat, bahkan kematian. Sebagai contoh kasus kecelakaan di Indonesia pada tahun 2018 adalah 109.205 kasus dan 29.472 orang meninggal dunia. Di mana salah satu penyebab yang sangat sering adalah disfungsi rem pada kendaraan penumpang seperti bus atau karena tabrakan beruntun akibat kendaraan besar yang mengalami disfungsi rem. Sehingga dalam penelitian ini perlu dilakukan suatu inovasi yang dapat memonitoring performa rem untuk menghindari disfungsi rem tersebut. Dan mengingat masalah ini yang terus menerus terjadi maka penelitian ini harus segera diselesaikan sampai pada penerapan dikendaraan secara actual. Berbagai riset tentang kegagalan rem telah banyak dipublikasikan oleh peneliti terdahulu salah satunya adalah faktor faktor yang mengakibatkan kegagalan rem. Pada dasarnya kegagalan rem selalu mungkin terjadi dikarenakan faktor faktor eksternal yang sulit dikontrol seperti kebocoran halus pada selang rem karena benturan atau digigit tikus. Pada penelitian terbaru telah dimulai pengembangan alat deteksi performa rem, namun bagaimana mendeteksi temperature rem yang lebih efisien pada rem kendaraan besar belum ada yang spesifik. Secara khusus penelitian ini membahas kerusakan rem akibat kebocoran minyak rem pada piston rem sehingga adanya oil spill pada drum brake yang mempengaruhi performa rem tersebut. Volume tumpahan minyak divariasikan sehingga diperoleh besaran volum oil spill yang menimbulkan disfungsi rem. Selanjutnya ketika disfungsi rem sudah terjadi kemudian diambil sinyal temperatur rem dengan kondisi keabnormalan tersebut. Sinyal temperature keabnormalan akan menjadi perbandingan terhadap sinyal temperature rem yang normal. Pengembangan system monitoring performa rem ini dapat dibuat dengan metode artificial intelligence dan dapat dilakukan ke depannya.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Additional Information: | Dosen Pembimbing Rolan Siregar, S.T., M.T. |
| Uncontrolled Keywords: | braking fault; Oil Spill; brake temperature; drum brake, brake monitoring system. |
| Subjects: | 600 Technology and Applied Sciences /Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 629.24 Part of Vehicles/Bagian-bagian Kendaraan |
| Depositing User: | Suwatno Suwatno Perpustakaan |
| Date Deposited: | 26 Nov 2025 07:36 |
| Last Modified: | 26 Nov 2025 07:36 |
| URI: | http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/9261 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
