Perbandingan Makna Onomatope Dalam Percakapan Sehari-hari dan Bisnis

Farah Dinah, Rusiadi (2019) Perbandingan Makna Onomatope Dalam Percakapan Sehari-hari dan Bisnis. Other thesis, Universitas Darma Persada.

[img]
Preview
Text
1. Cover dan Halaman Depan.pdf

Download (892kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Bab I.pdf

Download (789kB) | Preview
[img] Text
3. Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (852kB)
[img] Text
4. Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (963kB)
[img]
Preview
Text
5. Bab IV.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Daftar Pustaka.pdf

Download (229kB) | Preview
Official URL: http://repository.unsada.ac.id/cgi/oai2

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai kata onomatope yang terdapat di dalam percakapan sehari-hari dan bisnis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan makna dan jenis yang berada dalam kata onomatope tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan konteks dialog percakapan agar mengetahui arti dari makna kata onomatope beserta jenisnya dengan sumber data berupa buku Onomatope dalam Bahasa Jepang. Analisis dilakukan dengan mencari sumber data dari buku maupun internet lalu dibandingkan dan diklasifikasi menurut sifat, jenis, dan makna yang terkandung pada suatu kalimat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa satu kata onomatope memiliki sifat, jenis, dan makna yang berbeda menurut konteks kalimatnya. Pada percakapan sehari-hari cenderung memiliki sifat yang netral, sedangkan pada percakapan bisnis cenderung memiliki sifat yang negatif namun ada juga kata yang hanya memiliki satu sifat. Lalu pada percakapan sehari- hari dan bisnis memiliki kecenderungan lebih banyak menggunakan jenis onomatope yang sama, yaitu onomatope yang menirukan keadaan benda mati (Gitaigo) namun pada percakapan sehari-hari terdapat dua jenis onomatope yang tidak ada di dalam percakapan bisnis, yaitu onomatope yang menirukan bunyi dari benda mati (Giongo) dan onomatope yang menirukan bunyi dari makhluk hidup (Giseigo). Makna onomatope dalam percakapan sehari-hari dan bisnis juga memiliki kecenderungan menggunakan makna yang sama, yaitu yaitu onomatope yang menirukan keadaan atau perasaan manusia (Hito no Yousu/Shinjou).

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Gitaigo, Giongo, Giseigo, Hito no Yousu/Shinjou
Subjects: 400 Language/Bahasa > 495.616 Japanese/Bahasa Jepang (Fonologi)
Divisions: Fakultas Bahasa Dan Budaya > Bahasa dan Kebudayaan Jepang
Depositing User: Fachry Al-Tolah Perpustakaan
Date Deposited: 13 Jul 2020 04:11
Last Modified: 13 Jul 2020 04:11
URI: http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/1233

Actions (login required)

View Item View Item