Kemampuan Mahasiswa Semester IV Universitas Darma Persada dalam Menginterpretasikan Tindak Tutur Ilokusi di Kelas Happyou

Robihim, Robihim and Yessy, Harun and Kun M, Permatasari and Nani Dewi, Suningsih and Muhammad, Reza and Ibnu Batutah, Amar Rasuli (2022) Kemampuan Mahasiswa Semester IV Universitas Darma Persada dalam Menginterpretasikan Tindak Tutur Ilokusi di Kelas Happyou. Prosiding Seminar Hasil Penelitian 2021/2022, II. ISSN 2798-0596

[img] Text
KEMAMPUAN MAHASISWA SEMESTER IV UNIVERSITAS DARMA....pdf

Download (2MB)
Official URL: http://repository.unsada.ac.id/cgi/oai2

Abstract

Penelitian ini tentang pemahaman mahasiswa semester IV UNSADA terhadap pemahaman menginterpretasikan tindak tutur ilokusi di Happyou. Adapun kelas Happyou adalah kelas dengan kegiatan presentasi yang bertujuan mahasiswa dapat menyampaikan suatu informasi dalam bahasa Jepang dan tanya jawab seputar informasi yang disampaikan, baik antara mahasiswa, mahasiswa dan dosen serta dosen dan mahasiswa . Penelitian ini menekankan pada pada aspek pragmatik yaitu tindak tutur ilokusi. Tindak tutur ilokusi adalah suatu tuturan yang memperoleh respon dari petutur, sebagai bentuk kesopanan dalam komunikasi. Penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kualitatif. Adapun metode yang digunakan dalam penelitan ini adalah Content Analysis berbasis etnografi. Penelitian etnografi yaitu penelitiang yang berfokus pada pemetaan suatu kejadian atau peristiwa. Kjadian atau peristiwa dalam penelitian ini adala kejadian pada suatu kelompok kelas yang bernama mahasiswa semester IV Unsada di kelas Happyou. Peristiwa di kelas ini dikelompokkan pada peristiwa aktifitas belajar mengajar, yang dalam aktifitas tersebut terdapat kegiatan-kegiatan atau prilaku-prilaku berupa tuturan, baik antar mahasiswa maupun mahasiswa dengan dosen dan dosen dengan mahasiswa. Adapun metode analisis isi adalah penelitian yang mengkaji bukan sekedar isi pesan sebagai objeknya, melainkan terkait dengan konsepsi-konsepsi baru tentang gejala simbolik dalam dunia komunikasi (Subrayogo, 2001:71). Metode analisis isi digunakan untuk memperoleh keterangan dari komunikasi, yang disampaikan dalam bentuk lambang yang terdokumentasi atau dapat didokumentasikan. Lambang dalam penelitian ini yaitu tindak tutur ilokusi dengan berbagai macam jenis tindak tutur ilokusi yang timbul akibat terjadinya komunikasi. Metode ini dipakai untuk menganalisa semua bentuk komunikasi, termasuk aktifitas di dalam kelas. Adapun etnografi adalah sekumpulan atau kelompok yang ditetapkan menjadi objek penelitian. Selanjutnya bentuk interaksi dalam tindak tutur ilokusi terdiri dari asertif, direktif, komisif, ekspresif dan deklarasi. Adapun kemampuan mahasiswa menginterpretasikan tindak tutur ilokusi pada tindak tutur ilokusi Asertif pada kegiatan mengemukakan pendapat sebesar 45%, tindak tutur ilokusi direktif pada kegiatan memohon 31%, tindak tutur ilokusi komisif pada kegiatan menjanjikan 60%, tindak tutur ilokusi ekspresif pada kegiatan mengucapkan terima kasih 33%, dan tindak ilokusi deklaratif pada kegiatan mengangkat anggota baru 59%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa semester IV UNSADA, Pelanggaran Maksim, Aktifitas kelas
Subjects: 400 Language/Bahasa > 495.681 Japanese/Bahasa Jepang (Ejaan, Ucapan, Arti)
Divisions: Fakultas Bahasa Dan Budaya > Bahasa dan Kebudayaan Jepang
Depositing User: Trie anto Perpustakaan
Date Deposited: 03 Mar 2021 03:43
Last Modified: 18 May 2022 04:11
URI: http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/1605

Actions (login required)

View Item View Item