Alpin, Alpin and Suzuki, Syofian (2020) IMPLEMENTASI FORWARD CHAINING PADA GAME INTERAKTIF “BERSIHKAN KOTAKU” DENGAN PENDEKATAN GAMIFICATION BERBASIS ANDROID. Jurnal Sains & Teknologi Fakultas Teknik, X (2). pp. 20-29. ISSN 2088-060X
Text
C-03-Jurnal Suzuki S-buat serdos-2-fix.pdf Download (1MB) |
Abstract
Teknologi perangkat lunak telah menjadi populer saat ini. Adanya android, manusia bisa mendapatkan hiburan tanpa harus pergi ke suatu tempat salah satunya melalui game yang terdapat di android. Banyak pilihan game yang menarik dan mengasyikkan untuk dimainkan setiap hari saat ini, namun sayangnya materi yang terkandung dalam game lebih ditujukan hanya untuk hiburan dan sedikit yang bermanfaat dilihat dari nilainya. Masalah ini menimbulkan ide untuk mengambil inisiatif membuat game yang berisi unsur-unsur dan nilai-nilai pendidikan dalam menjaga kebersihan. Jadi saat game ini dimainkan, pengguna tidak hanya merasa mengasyikkan tapi juga terdapat pesan dalam menjaga kebersihan pada game ini. Game ini diberi nama "BERSIHKAN KOTA KU". Perangkat lunak yang digunakan untuk mengembangan game interaktif ini menggunakan unity 3D yang merupakan sebuah game engine yang berbasis cross-platform. Permasalahannya bagaimana menyajikan edukasi tentang menjaga kebersihan dari sampah sejak dini dengan media game interaktif berbasis android dengan menggunakan metode Forward Chaining dan pendekatan Gamification untuk menghasilkan game yang menarik.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Animasi 2D, Multimedia,Android,Game Mobile. |
Subjects: | 000 Generalities/Karya Umum > 005.5 General Purpose Application Programs/Program Aplikasi dengan Kegunaan Khusus |
Divisions: | Fakultas Teknik > Sistem Informasi |
Depositing User: | Trie anto Perpustakaan |
Date Deposited: | 05 Mar 2021 03:08 |
Last Modified: | 05 Mar 2021 03:08 |
URI: | http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/1632 |
Actions (login required)
View Item |