PELATIHAN PEMBUKUAN SEDERHANA BAGI IBU-IBU WIRAUSAHA PEMULA DI LINGKUNGAN RW 13 JATIWARINGIN ASRI, PONDOK GEDE - BEKASI

Endang Tri, Pujiastuti and Irma, Citarayani and Dian Anggraeny, Rahim and Ardi, Kusmara and Sukardi, Sukardi (2020) PELATIHAN PEMBUKUAN SEDERHANA BAGI IBU-IBU WIRAUSAHA PEMULA DI LINGKUNGAN RW 13 JATIWARINGIN ASRI, PONDOK GEDE - BEKASI. [Experiment]

[img] Text
LAPORAN AKHIR PENELITIAN TIM FE - Endang Tri Pujiastuti.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://repository.unsada.ac.id/cgi/oai2

Abstract

Hasil kegiatan menunjukkan bahwa semua peserta memahami materi dan pentingnya pembukuan sederhana.hal tersebut dibuktikan dengan hasil evaluasi pre test dan post tes serta kuesioner yng dibagikan kepada peserta meneunjukkan bahwa dilihat dari indikator pencapaian tujuan yaitu target jumlah peserta 84 % (42 orang), dengan tingkat kehadiran hari pertama 100 % dan hari kedua dan seterusnya rata-rata 80 %. Dilihat dari profil responden yang telah menjalankan wirausaha < 1 tahun sebanyak 60%, 1 – 3 Tahun 26 % dan > 3 Tahun sebanyak 14 % dengan tingkat usia didominasi pada rentang 40 – 50 Tahun sebanyak 65 %. Sedangkan hasil pre test dan post test mengalami kemajuan dilihat dari indikator dengan pernyataan pengetauan tentang pencatatan keuangan naik dari 17% menjadi 62% dan kesulitan dalam pencatatan keuangan turun dari 71 % menjadi 14 % serta pengetahuan tentang model keuangan sederhana naik dari 13% menjadi 87%. Disamping itu pada prinsipnya peserta menyatakan puas mengikuti pelatihan ini dinyatakan dalam pernyataan pada akhir post test sebesar 90 % menyatakan puas dan mengharapkan ada program lanjutan berupa pelatihan membuat kontens di istagram atau media social sebanyak 14 % , strategi pemasaran 24 % dan keduanya sebanyak 62 % dengan tujuan untuk mengembangkan usaha mereka agar semakin maju dan berkembang kearah UMKM Agar hasil pelatihan ini dapat berkelanjutan diperlukan komitmen dari para pelaku wirausaha pemula dan bantuan program pelatihan lanjutan sebagaimana hasil kustioner yaitu perlunya pengetahuan tentang media promosi secara on line dan strategi pemasaran.

Item Type: Experiment
Subjects: 300 Social Science/Ilmu Sosial > 338.04 Entrepreneurship/Kewirausahaan
Divisions: Fakultas Ekonomi
Depositing User: Trie anto Perpustakaan
Date Deposited: 10 May 2021 03:20
Last Modified: 10 May 2021 03:20
URI: http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/1669

Actions (login required)

View Item View Item