ANALISA TINGKAT PENJUALAN PRODUK MENGGUNAKAN K-NEAREST NEIGHBOR (K-NN) DAN K-MEANS (STUDI KASUS PERUSAHAAN KAYU ELANG PERKASA)

Herianto, Herianto and Nur, Syamsiyah and Sapitri, Anggraini (2021) ANALISA TINGKAT PENJUALAN PRODUK MENGGUNAKAN K-NEAREST NEIGHBOR (K-NN) DAN K-MEANS (STUDI KASUS PERUSAHAAN KAYU ELANG PERKASA). Jurnal Sains & Teknologi Fakultas Teknik, XI (1). ISSN 2088-060X

[img] Text
ANALISA TINGAKAT PENJUALAN PRODUK....pdf

Download (2MB)
Official URL: http://repository.unsada.ac.id/cgi/oai2

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh pengetahuan tingkat penjualan produk pada sebuah perusahaan untuk memberikan rekomendasi pada pemilik perusahaan tentang produk mana yang prioritas diberi perhatian demi kemajuan perusahaan tersebut. Metodologi pada penelitian ini menggunakan metodologi CRISPDM (CRoss Industry Standard Process for Data Mining). Pada penelitian ini algoritma yang digunakan adalah jenis klasifikasi dan clustering yaitu K-NN dan K-Means. Dari penelitian ini akan diuji yang lebih baik apakah menggunakan analisa klasifikasi atau clustring dengan menggunakan data yang sama. Berdasarkan hasil pengujian akurasi kedua metode diperoleh bahwa K-Means memiliki tingkat akurasi yang lebih baik sebesar 78,37% sedangkan K-NN memiliki tingkat akurasi 76,06%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Algoritma K-Means, Clustering, Algoritma K-NN, Classification, Data Mining, PHP, MySQL
Subjects: 000 Generalities/Karya Umum > 005.74 Data Files and Database/Data File-file dan Database, Pangkalan Data, Pusat Data
Divisions: Fakultas Teknik > Sistem Informasi
Depositing User: Setyo Renny Perpustakaan
Date Deposited: 03 Sep 2021 03:11
Last Modified: 03 Sep 2021 03:11
URI: http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/1891

Actions (login required)

View Item View Item