Kurnia, Idawati and Nurul, Fitriani and Eka Yuniar, Ernawati (2020) PEMAHAMAN STRUKTUR KALIMAT DIHUBUNGKAN DENGAN KOMPETENSI PEMRODUKSIAN BAHASA INGGRIS. Inteligensi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3 (1). pp. 1-10. ISSN 2656-601X
Text
2020-JURNAL INTELIGENSI-PEMAHAMAN STRUKTUR KALIMAT DIHUBUNGKAN DENGAN KOMPETENSI PEMRODUKSIAN BAHASA INGGRIS.pdf Download (529kB) |
|
Text
Reviewer-Pemahaman Struktur Kalimat dihubungkan dengan kompetensi pemroduksian Bahasa Inggris.pdf Download (323kB) |
Abstract
Learning a foreign language, in this case English, usually means learning to speak in that language while understanding it. Therefore, language learning always involves two elements, namely comprehension and production. Both elements are closely related to the study of language learning performance, especially in foreign language learning. Related to that, a quantitative research was conducted over 33 learners of English in order to find out the extent to which the learners understood the structure of simple English sentences related to their ability to produce English sentences. Research data was obtained through 2 kinds of tests. The data about comprehension was in the form of true or false cloze-test of totaling 50 simple sentences with the argument structures. While the data of production was in the form of written tests of simple sentence constructions based on pictures and instructions about the pictures. Both of the tests used a number of verbs most commonly remembered by the students of English Department, Darma Persada University. The result of the research showed that their comprehension level was 65.64% with a variation in the distribution score between them was 8.79, and their production was 28.36% with a standard deviation of production of 17.37. The gap between the level of comprehension and the level of production was relatively large which means that the average production competency of the subjects was below their comprehension competency Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman struktur kalimat dengan melibatkan unsur pemahaman (comprehension) dan pemroduksian (production) yang berkaitan erat dengan kajian performa pembelajaran bahasa, terutama dalam pembelajaran bahasa asing. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang dilakukan terhadap 33 pelajar bahasa Inggris untuk mengetahui sejauh mana peserta memahami struktur kalimat bahasa Inggris sederhana yang terkait dengan kemampuan mereka menghasilkan kalimat bahasa Inggris. Data penelitian diperoleh melalui 2 macam tes. Data tentang pemahaman adalah dalam bentuk tes cloze benar atau salah dari total 50 kalimat sederhana dengan struktur argumen. Sedangkan data produksi berupa tes tertulis konstruksi kalimat sederhana berdasarkan gambar dan instruksi tentang gambar. Kedua tes menggunakan sejumlah kata kerja yang paling sering diingat oleh mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris, Universitas Darma Persada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman mereka adalah 65,64% dengan variasi dalam skor distribusi antara mereka adalah 8,79, dan produksi mereka adalah 28,36% dengan standar deviasi produksi 17,37. Kesenjangan antara tingkat pemahaman dan tingkat produksi relatif besar yang berarti bahwa kompetensi produksi rata-rata subjek berada di bawah kompetensi pemahaman peserta didik.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | comprehension; production; sentence structures; competence. pemahaman; pemroduksian; struktur kalimat; kompetensi. |
Subjects: | 800 Literature/Kesusastraan > 810 Indonesian Literatures/Kesusastraan Indonesia |
Divisions: | Fakultas Bahasa Dan Budaya > Bahasa dan Kebudayaan Inggris |
Depositing User: | Trie anto Perpustakaan |
Date Deposited: | 22 Dec 2021 04:55 |
Last Modified: | 22 Dec 2021 04:55 |
URI: | http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/2206 |
Actions (login required)
View Item |