Hari, Setiawan and Ari, Artadi (2019) PEMANFAATAN APLIKASI MEMO DAN LINE DALAM MATA KULIAH SAKUBUN. Prosiding Seminar Nasional Bahasa Jepang I. pp. 43-59. ISSN 978-623-92393-0-5
Text
2019_Okt.22_Prosiding_Pemanfaatan Aplikasi Memo dan Line dalam Mata Kuliah Sakubun.pdf Download (2MB) |
|
Text
Reviewer 2019_Okt.22_Prosiding_Pemanfaatan Aplikasi Memo dan Line dalam Mata Kuliah Sakubun.pdf Download (502kB) |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah membuktikan kemungkinan pemanfaatan aplikasi Memo dan LINE dalam mata kuliah Sakubun. Pada tahun 2015, jumlah pemelajar bahasa Jepang di Indonesia mencapai 745.125 orang, sementara jumlah pengajarnya hanya kurang lebih 1% saja dari jumlah pemelajar tersebut (The Japan Foundation, 2015). Kondisi ini berpengaruh terhadap kualitas pendidikan bahasa Jepang di Indonesia, salah satunya pada pelaksanaan mata kuliah Sakubun. Pengajar sulit memberikan umpan balik yang berkualitas kepada pemelajar yang jumlahnya banyak. Oleh karena itu, penulis memanfaatkan aplikasi Memo dan LINE untuk melaksanakan mata kuliah Sakubun. Hasil dari pemanfaatan tersebut adalah pengajar bisa memberikan umpan balik secara merata dan maksimal, hanya saja kesadaran pembelajar akan tulisannya terlihat tidak menunjukan kecenderungan yang positif dan memerlukan kegiatan lain untuk meningkatkan kesadaran tersebut.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | akubun, aplikasi, LINE, umpan balik, kesadaran |
Subjects: | 000 Generalities/Karya Umum > 005.3 Programs/ Program |
Divisions: | Fakultas Bahasa Dan Budaya > Bahasa dan Kebudayaan Jepang |
Depositing User: | Trie anto Perpustakaan |
Date Deposited: | 10 Jan 2022 04:28 |
Last Modified: | 10 Jan 2022 04:28 |
URI: | http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/2264 |
Actions (login required)
View Item |