Desyana Safitri, Widyastuti (2003) MASUKNYA MARXISME DIANTARA MAHASISWA JEPANG PADA ERA DEMOKRASI TAISHOO (1912-1926). Other thesis, Universitas Darma Persada.
Text
BAB-01.pdf Download (4MB) |
|
Text
BAB-02.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
|
Text
BAB-03.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
|
Text
BAB-04.pdf Restricted to Registered users only Download (13MB) |
Abstract
Sejak Jepang tumbuh menjadi negara modern setelah Restorasi Meiji pada tahun 1868, terdapat banyak perubahan yang positif terhadap perkembangan demokrasi di Jepang khususnya pada Era Demokrasi Taishoo (1912-1926), yang merupakan kelanjutan dari proses Modernisasi Meiji. Seperti yang kita ketahui bahwa semangat demokrasi Jepang dewasa ini tidak terlepas dari usaha dan kerja keras perjuangan demokrasi pade zaman sebelumnya yaitu pada masa Restorasi Meiji melalui Gerakan Kebebasan Hak Rakyat (Jiyuu Minken Undoo) maupun pada masa Demokrasi Taishoo yang melalui perjalanan yang panjang'. Pendidikan dan kesadaran politik masyarakat yang semakin meningkat merupakan salah satu kunci dasar serta merupakan basis fundamental dari ciri khas kehidupan berdemokrasi di Jepang yang sudah dirintis sejak zaman Meiji dan mencapai puncak perkembangannya pada zaman Taishoo. Perkembangan politik dan id'eologi di Jepang tidak terlepas dari perkembangan dan dialektika ideologi serta politik dari Barat. Hingga dampaknya adalah mulai dikenalnya aliran Marxisms diantara mahasiswa Jepang pada Era Demokrasi Taishoo, melalui lembaga pendidikan kampus, organisasi, serta komunitas kemahasiswaan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sejarah Jepang |
Subjects: | 900 History, Events/Ilmu Sejarah, Kejadian > 952 History of Japan/Sejarah Jepang |
Divisions: | Fakultas Bahasa Dan Budaya > Bahasa dan Kebudayaan Jepang |
Depositing User: | Julia Ningsih Perpustakaan |
Date Deposited: | 16 Jun 2022 05:08 |
Last Modified: | 10 Jan 2024 08:38 |
URI: | http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/3019 |
Actions (login required)
View Item |