THE IMPLEMENTATION OF ANALOGICAL REASONING IN LEARNING PARTS OF SPEECH AND ITS EFFECT TO THE COMPREHENSION AND PRODUCTION OF SIMPLE SENTENCES.

Kurnia, Idawati (2014) THE IMPLEMENTATION OF ANALOGICAL REASONING IN LEARNING PARTS OF SPEECH AND ITS EFFECT TO THE COMPREHENSION AND PRODUCTION OF SIMPLE SENTENCES. Prosiding Seminar Hasil Penelitian Semester Ganjil 2013/2014 (1). pp. 1-15. ISSN 2337-7976

[img]
Preview
Text
THE IMPLEMENTATION OF ANALOGICAL REASONING...pdf

Download (649kB) | Preview
Official URL: http://repository.unsada.ac.id/cgi/oai2

Abstract

Penalaran analogis begitu penting dalam proses berpikir manusia. Dalam rangka memahami sesuatu yang tidak diketahui atau ditemui untuk pertama kalinya, orang akan membuat kesimpulan dengan membandingkannya dengan apa yang telah dikenal oleh kognisinya. Analogi selalu digunakan dalam proses berpikir, bahkan bidang persoalan yang jauh dapat digunakan untuk membantu memahami konsep atau situasi tertentu yang baru. Dalam proses pembelajaran penalaran analogis ini mungkin berlaku juga karena inti dari penalaran analogis meniscayakan proses pemeriksaan yang tidak diketahui dengan memanfaatkan sesuatu yang telah dikenal dalam satu hal atau hal lainnya. Strategi ini kemudian diterapkan dalam pembelajaran parts of speech (kelas kata) untuk kelas Interaktif Grammar I. Penelitian ini dilakukan untuk menemukan jawaban atas efektivitas penalaran analogis sebagai strategi pembelajaran parts of speech dan hubungannya dengan kemampuan mahasiswa memahami parts of speech dan menggunakan parts of speech tersebut dalam membuat kalimat sederhana. Mengacu pada perhitungan statistik, tidak ada perbedaan yang signifikan pada pemahaman dan kemampuan membuat kalimat sebelum dan sesudah pelaksanaan strategi dan hanya ada sedikit korelasi antara pemahaman dan kemampuan membuat kalimat tersebut setelah perlakuan. Jadi, mahasiswa yang skor pemahamannya rendah tidak berarti bahwa mereka mendapat skor yang rendah pula pada kemampuan membuat kalimatnya. Selain itu, pemahaman hanya memiliki sedikit pengaruh pada kemampuan membuat kalimat ( 20,7 % ).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: analogi, penalaran, pemahaman, kemampuan membuat kalimat, parts of speech.
Subjects: 400 Language/Bahasa > 420 English/Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Bahasa Dan Budaya > Bahasa dan Kebudayaan Inggris
Depositing User: Setyo Renny Perpustakaan
Date Deposited: 03 Oct 2018 04:47
Last Modified: 03 Oct 2018 04:47
URI: http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/303

Actions (login required)

View Item View Item