UJI COBA PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R DAN STRATEGI PEMBELAJARAN PEMBERIAN TUGAS PADA MATA KULIAH PENGANTAR SEJARAH JEPANG II.

Erni, Puspitasari and Dinny, Fujiyanti and Yessy, Harun (2014) UJI COBA PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R DAN STRATEGI PEMBELAJARAN PEMBERIAN TUGAS PADA MATA KULIAH PENGANTAR SEJARAH JEPANG II. Prosiding Seminar Hasil Penelitian Semester Ganjil 2013/2014 (1). pp. 117-186. ISSN 2337-7976

[img]
Preview
Text
UJI COBA PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN....pdf

Download (571kB) | Preview
Official URL: http://repository.unsada.ac.id/cgi/oai2

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan strategi pembelajaran PQ4R dalam meningkatkan hasil belajar Mahasiswa pada matakuliah Pengantar Sejarah Jepang. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian dilakukan dengan membuat kelas kontrol dan kelas eksperimen. Sebagai kelas eksperimen adalah kelas yang mendapatkan perlakuan strategi pembelajaran PQ4R, sedangkan kelas kontrol adalah kelas yang mendapat perlakuan strategi pembelajaran pemberian tugas. Teknik pengumpulan data berupa tes akhir. Uji Instrumen dilakukan dengan uji daya beda dan uji kesukaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Uji normalitas menunjukan bahwa kedua kelas berdistribusi normal, dan uji homogenitas menunjukan bahwa kedua kelas berasal dari populasi yang homogeny. Selanjutnya digunakan Uji t untuk mengetahui perbedaan rata-rata antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Melalui uji t diketahui bahwa t hitung lebih kecil dari t table ini menunjukan bahwa hasil belajar Mahasiswa yang mendapat perlakuan Strategi Pembelajaran PQ4R sama dan tidak lebih tinggi secara signifikan dengan yang diberi strategi pemberian tugas. Hal ini menunjukan bahwa pemberian perlakuan strategi pembelajaran PQ4R tidak efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada matakuliah Pengantar Sejarah Jepang II

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Uji coba ,Strategi pembelajaran, Hasil Belajar
Subjects: 300 Social Science/Ilmu Sosial > 370.952 Japanese Education/Pendidikan Jepang
Divisions: Fakultas Bahasa Dan Budaya > Bahasa dan Kebudayaan Jepang
Depositing User: Setyo Renny Perpustakaan
Date Deposited: 11 Oct 2018 06:31
Last Modified: 26 Jun 2019 02:49
URI: http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/397

Actions (login required)

View Item View Item