Yoseph, Arya Dewanto (2003) PENINGKATAN PRODUKTIVITAS GALANGAN KAPAL DENGAN MENGGUNAKAN SISTIM MODUL STUDI KASUS : SISTIM PEMIPAAN KAMAR MESIN PADA KAPAL TANKER 1500 DWT. Other thesis, Universitas Indonesia.
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (12MB) |
|
Text
BAB 6.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pembangunan kapal di Indonesia sampai saat ini masih kalah bersaing dibandingkan dengan negara-negara tetangga antara lain Korea Selatan, Singapura, Malaysia dan Cina. Salah satu masalah yang dihadapi gaiangan-galangan kapal di Indonesia adalah tidak tepat waktu penyelesaian dalam pembangunan suatu kapal karena banyak faktor yang mempengaruhi sistem produksi pembangunan kapal tersebut, antara lain adalah tidak tepatnya sistim produksi yang digunakan dan juga terbatasnya fasilitas sarana dan prasarana yang dimiliki galangan kapal tersebut. Beberapa galangan kapal di Indonesia sudah menggunakan metode sistim blok dalam pembangunan badan kapalnya saja tetapi tidak termasuk outfitting (peralatan) perkapalan dan sistim pemipaannya. Untuk pemasangan sistem pemipaannya, galangan kapal di Indonesia masih menggunakan sistim on board atau melakukan pemasangan pemipaan setelah pekerjaan konstruksi badan kapal selesai. Hal ini adalah salah satu yang membuat lamanya waktu pembangunan kapal sedangkan di negara-negara lain sudah menggunakan sistim modul dengan outfitting sehingga produktivitas pembangunan kapalnya meningkat. Untuk itu penulis akan menganalisa suatu sistem produksi yang ditinjau dari segi efisien waktunya dalam perhitungan kebutuhan jam kerja (manhour) yang dibutuhkan dari kedua sistem tersebut. Untuk contoh kasus, penulis mengambil suatu hasil produksi yang sudah dilakukan di galangan kapal X Jakarta yaitu kapal Tanker 1500 DWT dengan pembangunan sistem pemipaan di kamar mesinnya masih menggunakan sistem on board dan akan dihitung efisien waktunya menggunakan sistim modul dengan metode Advanced Outfitting dalam sistem pemipaan di kamar mesin kapal Tanker 1500 DWT tersebut. Dari hasil penelitian ini dapat dibuktikan bahwa sistim modul dengan menggunakan metode Advanced Outfitting akan dapat meningkatkan produktivitas galangan kapal ditinjau dari segi efisiensi waktunya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan peroduktivitas kapal |
Subjects: | 600 Technology and Applied Sciences /Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 623.8 Nautical Engineering and Seamanship/Teknik Perkapalan, Teknik Nautika dan Ilmu Angkatan laut |
Divisions: | Fakultas Teknologi Kelautan > Teknik Perkapalan |
Depositing User: | Setyo Renny Perpustakaan |
Date Deposited: | 03 Oct 2022 07:12 |
Last Modified: | 03 Oct 2022 07:12 |
URI: | http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/4383 |
Actions (login required)
View Item |