Sheila Annisa, Jehantara (2022) FENOMENA CULTURE SHOCK PELAJAR INDONESIA DI OSAKA (Studi Kasus Pelajar Japanese Communication International School Kelas 初級, 中級, 上級 Angkatan 2018). Other thesis, UNSADA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (870kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (904kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB 4.pdf Download (654kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (659kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (673kB) |
Abstract
Menjalani kehidupan di lingkungan baru menjadi sebuah tantangan yang harus dihadapi oleh para pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan di luar daerah. Umumnya para pelajar tersebut akan mengalami kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan kebudayaan, norma, serta kebiasaan yang ada di lingkungan baru, terlebih lagi apabila mereka berasal dari negara lain. Hal ini tentunya berdampak pada ketidaknyamanan dan perasaan tidak bahagia berada di lingkungan baru, bahkan tidak jarang dari mereka kemudian pulang dan tidak melanjutkan pendidikannya di tempat perantauannya. Terkait dengan permasalahan tersebut, penulis merasa tertarik untuk mengambil tema fenomena sosial yang dialami oleh para pelajar Indonesia di Jepang. Fenomena sosial ini diistilahkan sebagai gegar budaya atau culture shock. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor serta dampak yang terjadi pada pelajar Indonesia yang bersekolah di Japanese Communication International School ketika mengalami culture shock di sekolah maupun di luar lingkungan sekolah dalam kehidupan sehari-hari dan juga cara mengatasinya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis berupa penyebaran angket kepada pelajar Indonesia yang bersekolah di Jcom. Hasil penelitian ini adalah sebagian besar pelajar Indonesia mengerti bagaimana cara mengatasi dampak culture shock, sedangkan sebagian kecil pelajar Indonesia merasa kesulitan dalam mengatasi dampak culture shock. Secara keseluruhan, kemampuan adaptasi pelajar Indonesia yang bersekolah di Jcom dapat dikatakan sangatlah mumpuni dapat bertahan hidup di Jepang.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Faktor-faktor, dampak, cara mengatasi, culture shock, pelajar Indonesia. |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu Sosial > 370 Education/Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Bahasa Dan Budaya > Bahasa dan Kebudayaan Jepang |
Depositing User: | Suwatno Suwatno Perpustakaan |
Date Deposited: | 28 Nov 2022 03:43 |
Last Modified: | 28 Nov 2022 03:43 |
URI: | http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/4884 |
Actions (login required)
View Item |