Andi, Susilo (2022) PHYSICAL COMPUTING : IMPLEMENTASI COMPUTATIONAL THINKING MELALUI INTEGRASI STEM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS PADA PROGRAM IEEE PRE-UNIVERSITY. Jurnal Sains & Teknologi Fakultas Teknik, XII (2). pp. 146-156. ISSN 2962-5300
Text
18-Andi Susilo-Jurnal Teknik-Physical Computing Implementasi Computational Thinking melalui Integrasi STEM (1).pdf Download (2MB) |
Abstract
Hasil survei PISA tahun 2018 terhadap siswa-siswa sekolah Indonesia berumur 15 tahun menunjukkan skor yang rendah dalam membaca, matematika, dan sains di bawah rata-rata skor OECD yang akan berdampak permasalahan kompetensi global sumber daya manusia di masa depan. Kerangka kerja konseptual pembelajaran STEM terintegrasi dapat menjadi solusi dalam meningkatkan daya saing global. Taksonomi computational thinking dengan empat kategori utama dan proses dan dimensi physical computing berbasis proyek perlu dikombinasikan sebagai subjek dengan program IEEE Pre-University. Hasil studi ini diharapkan dapat diterapkan pada tingkat sekolah menengah atas dan vokasi sebagai praktik terbaik
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Physical Computing, STEM, Computational Thinking, Pre-University |
Subjects: | 000 Generalities/Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Informatika |
Depositing User: | Kutaro Kutaro FT |
Date Deposited: | 06 Feb 2023 02:03 |
Last Modified: | 06 Feb 2023 07:03 |
URI: | http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/5588 |
Actions (login required)
View Item |