Rifka, Natalia (2003) PEMANFAATAN PANAS HUANG DARI SISTEM AIR PENDINGIN MESIN INDUK UNTUK DESTILASI PADA KAPAL KM. BELAWAN CARAKA JAYA NIAGA II1-39. Other thesis, UNSADA.
Text
BAB 01.pdf Download (7MB) |
|
Text
BAB 02.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB 03.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB 04.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB 05.pdf Download (2MB) |
Abstract
Persediaan air tawar yang dapat dibawa oleh suatu kapal merupakan salah satu faktor penentu jarak jelajah / aksi radius kapal itu disamping beberapa faktor lainnya misalnya persediaan bahan bakar, bahan makanan dan bahan logistik lainnya. Namun persediaan air tawar dan bahan bakar itu terbatas mengingat jumlah persediaan yang besar menyebabkan berat-benam (displacement) menjadi besar,menyebabkan kecepatan kapal menurun dan pemakaian bahan bakar menjadi boros. Persediaan bahan bakar dapat ditambah dengan menggurangi jumlah persediaan air tawar sedemikian rupa yang dapat ditambahkan dari hasil pengolahan air laut menjadi air tawar (proses destilasi). Pada pengoperasian mesin diesel,ternyata bahan bakar yang dapat dikonversikan menjadi tenaga hanya kurang lebih dari 41,5% saja dari nilai kalornya. Panas yang terbuang dari sistem air pendingin mesin (K.i.15, 1 %( 4)), dapat dimanfaatkan sebagai "Extrenal heat source" untuk pesawat destilasi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teknik perkapalan |
Subjects: | 600 Technology and Applied Sciences /Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 623.8 Nautical Engineering and Seamanship/Teknik Perkapalan, Teknik Nautika dan Ilmu Angkatan laut |
Divisions: | Fakultas Teknologi Kelautan > Teknik Sistem Perkapalan |
Depositing User: | Suwatno Suwatno Perpustakaan |
Date Deposited: | 16 May 2023 04:17 |
Last Modified: | 20 May 2024 06:28 |
URI: | http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/6211 |
Actions (login required)
View Item |