DAMPAK KEAKTIFAN SISWA KELAS ONLINE NIHONGOSESERUITU DALAM MENGGUNAKAN TIKTOK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA JEPANG SEBAGAI L2 SELF

Alma Saudah, Aisyah (2024) DAMPAK KEAKTIFAN SISWA KELAS ONLINE NIHONGOSESERUITU DALAM MENGGUNAKAN TIKTOK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA JEPANG SEBAGAI L2 SELF. Other thesis, UNSADA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
HASIL TURNITIN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB)
[img] Text
Suket Hasil Cek Turnitin alma - Alma Saudah Aisyah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
Official URL: http://repository.unsada.ac.id

Abstract

Penelitian ini menganalisis keaktifan individu dalam menggunakan media sosial TikTok. TikTok memang sedang marak digunakan pada masa kini namun belum diketahui sejauh mana dan seberapa besar media sosial ini memberi dampak positif atau negatif terhadap penggunanya terutama sebagai media belajar seperti pembelajaran bahasa asing terutama Bahasa Jepang. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa banyak individu yang aktif dalam menggunakan TikTok dalam sehari-hari dan seberapa sering individu menggunakan media sosial ini sebagai wadah belajar atau tempat mencari konten pembelajaran Bahasa Jepang. Selain itu penelitian ini untuk menganalisis seberapa berdampak konten-konten Bahasa Jepang yang TikTok sajikan dalam mendorong motivasi individu untuk mempelajari Bahasa Jepang sebagai bahasa kedua. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif melalui teknik pengumpulan data berdasarkan penyebaran kuesioner melalui group Whatsapp kelas online Nihongoseseruitu, teori milik Gorys Keraf dalam Otto Soemarwoto mengenai Teori Dampak yang merujuk pada pengaruh yang signifikan dari seseorang, Teori Motivasi milik Winardi, dan Teori L2 Self milik Dornyei. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat dampak yang signifikan dari keaktifan individu dalam menggunakan media sosial TikTok dalam sehari-hari terhadap dorongan motivasi untuk mempelajari Bahasa Jepang sebagai bahasa kedua dalam kehidupan mereka.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: keaktifan, TikTok, motivasi belajar, Bahasa Jepang, L2 Self
Subjects: 300 Social Science/Ilmu Sosial > 370.154 Motivation to Learn/Motivasi Belajar, Dorongan Belajar, Motivasi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Bahasa Dan Budaya > Bahasa dan Kebudayaan Jepang
Depositing User: Suwatno Suwatno Perpustakaan
Date Deposited: 19 Sep 2024 06:29
Last Modified: 19 Sep 2024 06:29
URI: http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/8412

Actions (login required)

View Item View Item