Novan, Murdiyansyah (2024) KONSEP PERENCANAAN STASIUN PENGISIAN LISTRIK BERBASIS ENERGI TERBARUKAN PADA JALAN TOL DENGAN FOTOVOLTAIK DAN TURBIN ANGIN SUMBU VERTIKAL. Other thesis, UNSADA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (522kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (993kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (520kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (627kB) |
![]() |
Text
HASIL TURNITIN.pdf Download (551kB) |
![]() |
Text
SUKET_TURNTIN_Novan_Murdiyansyah_2022910020 - novan murdiyansyah.pdf Restricted to Registered users only Download (670kB) |
Abstract
Konsep Perencanaan Stasiun Pengisian Listrik Berbasis Energi Terbarukan Pada Jalan Tol dengan Fotovoltaik dan Turbin Angin Sumbu Vertikal. Energi listrik memiliki peranan vital dalam kehidupan manusia. Seiring dengan pertumbuhan penduduk dan perkembangan zaman, kebutuhan energi terus meningkat, menyebabkan berkurangnya cadangan energi fosil. Selain itu, pencemaran lingkungan serta kenaikan harga bahan bakar fosil menjadi tantangan besar. Oleh karena itu, penting untuk mengeksplorasi bahan bakar alternatif yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan. Listrik dianggap sebagai sumber energi yang paling sesuai untuk transportasi masa depan karena lebih aman, rendah emisi, efisien, dan tersedia. Kekhawatiran terhadap polusi udara turut mendorong pengembangan kendaraan listrik (EV) dan kendaraan listrik hibrida (HEV) sebagai solusi yang lebih efisien dan ramah lingkungan. Untuk mendukung pengembangan EV, dibutuhkan infrastruktur pengisian daya yang memadai. Penelitian ini menawarkan konsep stasiun pengisian kendaraan listrik berbasis energi terbarukan, yaitu fotovoltaik dan turbin angin sumbu vertikal di jalan tol Indonesia. Konsep ini bertujuan untuk mendukung peralihan dari energi fosil ke energi terbarukan melalui perencanaan yang efektif. Proses perencanaan meliputi pemilihan lokasi, tipe pembangkit energi, simulasi antrian kendaraan, perhitungan beban on-grid, dan simulasi biaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa panel surya mampu menyediakan 35% kebutuhan listrik dengan kapasitas 57,92 kW, sementara turbin angin menyumbang 10% dengan kapasitas 50,4 kW. Penggunaan energi terbarukan menurunkan ketergantungan pada jaringan listrik hingga 8,86%. Penghematan biaya operasional mencapai Rp19,6 juta per tahun, dari sebelumnya Rp87,5 juta, dengan waktu pengembalian investasi 9,98 tahun dan IRR 7,78%. Diharapkan konsep ini mempercepat transisi ke energi terbarukan di sektor transportasi dan meningkatkan ketahanan energi nasional.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing Dr.Aep Saepul Uyun,M.Eng |
Uncontrolled Keywords: | Hybrid Sistem, PV Solar, Turbin Angin VAWT, Homer Pro, SPKLU. |
Subjects: | 600 Technology and Applied Sciences /Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 621.45 Wind Engines and Windmills/Mesin Bertenaga Angin dan Kincir Angin |
Divisions: | Pasca Sarjana > Energi Terbarukan |
Depositing User: | Suwatno Suwatno Perpustakaan |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 02:59 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 02:59 |
URI: | http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/9051 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |