Mariachi Prastika, Santi (2024) PEMETAAN KARAKTERISTIK KECELAKAAN KAPAL DI PERAIRAN INDONESIA BERDASARKAN INVESTIGASI MAHKAMAH PELAYARAN TAHUN 2020 – 2023 DITINJAU DARI FORMAL SAFETY ASSESSEMENT (FSA). Other thesis, UNSADA.
|
Text
COVER.pdf Download (6MB) |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (496kB) |
|
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
BAB 4.pdf Download (487kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (713kB) |
|
|
Text
HASIL TURNITIN.pdf Download (546kB) |
|
|
Text
SUKET_TURNITIN_2018320004_Mariachi Prastika Santi_Pemetaan Karakteristik Kecelakaan Kapal Di Perairan Indonesia Berdasarkan Investigasi Mahkamah Pelayaran Tahun 2020 - 2023 Ditinjau Dari Formal Safety Assassement - .pdf Restricted to Registered users only Download (673kB) |
Abstract
Berdasarkan tingginya jumlah kecelakaan kapal, hal ini menunjukkan bahwa perlu adanya pembenahan terhadap sistem transportasi laut karena kecelakaan yang terjadi adalah permasalahan yang kerap kali terulang. Berdasarkan laporan hasil investigasi Mahkamah Pelayaran pada kurun waktu tahun 2020 sampai 2023 di wilayah perairan di Indonesia, terjadi banyak macam jenis kecelakaan kapal seperti kapal mengalami tubrukan, tenggelam, terguling dan kandas. Dari kecelakaan tersebut dapat diketahui penyebab kejadian yang terkait diantaranya karena kelalaian manusia, masalah teknis, dan masalah cuaca. Dampak yang terjadi ratarata berkaitan dengan harta benda, muatan hingga korban jiwa. Oleh karena itu perlu dilakukan penganalisaan terkait pemetaan karakteristik dalam kecelakaan kapal untuk keselamatan dan keamanan pelayaran di Indonesia dan dapat mengetahui strategi guna meminimalkan resiko terjadinya kecelakaan kapal. Analisa menggunakan metode Statistical Product and Service Solutions (SPSS) dan Formal Safety Assessement (FSA) sebagai salah satu rekomendasi dari Organisasi Internasional Maritim (IMO) yang umumnya mengidentifikasi dan mengevaluasi sebuah peristiwa yang berpotensi berdampak negatif terhadap orang, aset berharga dan lingkungan yang komprehensif serta mempertimbangkan faktor yang mempengaruhi, serta membuat keputusan yang berlandaskan analisis resiko yang akurat dan berimbang. Berdasarkan analisa menggunakan FSA didapatkan nilai kecelakaan pada tahun 2020 sampai 2023 berada di tingkat frekuensi dan konsekuensi tertinggi sehingga menyebabkan 11 kapal dengan kejadian yang tidak diinginkan. Jenis kecelakaan tubrukan cenderung dialami oleh kapal dengan GT 0 sampai dengan 500 GT. Kerjasama antar lembaga yang berwenang sangat diperlukan untuk mendisiplinkan alur pelayaran di Indonesia. Pada situasi kecelakaan kapal di perairan Indonesia, lembaga yang berwenang dalam menangani dan menganalisa salah satu kasus yaitu Mahkamah Pelayaran Direktorat Jendral Kementrian Perhubungan Laut.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Additional Information: | Dosen Pembimbing I Ir. Danny Faturachman,. M.T Dosen Pembimbing II Dr. Eng. Mohammad Danil Arifin. S.T., M.T |
| Uncontrolled Keywords: | Kecelakaan Kapal, Pemetaan Karakteristik, Solusi Produk dan Layanan Statistik, FSA, IMO, Mahkamah Pelayaran. |
| Subjects: | 000 Generalities/Karya Umum > 005.55 Statistical Software/Perangkat Lunak Statistik |
| Divisions: | Fakultas Teknologi Kelautan > Teknik Sistem Perkapalan |
| Depositing User: | Suwatno Suwatno Perpustakaan |
| Date Deposited: | 26 Nov 2025 06:42 |
| Last Modified: | 26 Nov 2025 06:42 |
| URI: | http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/9258 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
