Analisis Hasil Pembelajaran Korespondensi : Telaah Morfosintaksis.

Dinny, Fujiyanti (2015) Analisis Hasil Pembelajaran Korespondensi : Telaah Morfosintaksis. Prosiding Seminar Hasil Penelitian Semester Ganjil 2014/2015, III (1). ISSN 2337-7976

[img]
Preview
Text
ANALISIS HASIL PEMBELAJARAN KORESPONDENSI.pdf

Download (230kB) | Preview
Official URL: http://repository.unsada.ac.id/cgl/oai2

Abstract

Korespondensi masih berperan sebagai alat komunikasi efektif dalam kehidupan kita dewasa ini,selain alat-alat komunikasi lainnya seperti telepon, mesin faks, telepon genggam dan gawai baru lainnya yang terus berkembang sesuai dengan kemajuan teknologi. Dibutuhkan keahlian khusus, selain kemampuan menulis (writing skill) agar mahasiswa dapat berkorespondensi dengan baik dalam bahasa Jepang. Mahasiswa sebaiknya memahami faktor-faktor apa yang mempengaruhi pemilihan kata serta ungkapan-ungkapan yang digunakan dalam berkorespondensi. Ketidaktepatan pemakaian kata dan ungkapan yang digunakan kemungkinan akan mempengaruhi atau merusak hubungan antara si penulis dan si penerima surat.Tujuan penelitian ini agar mahasiswa menyadari ketidaktepatan pemakaian atau pemilihan kata dan ungkapan dalam berkorespondensi, dan mampu membuat kalimat-kalimat korespondensi dengan lebih baik dengan cara mengetahui pemilihan kata (diksi) dan ungkapan-ungkapan yang digunakan secara morfosintaksis. Peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu penggambaran menyeluruh tentang bentuk dan struktur kata atau kalimat yang ada pada materi ajar korespondensi. Data akan dianalisis dengan menggunakan metode agih. Metode agih adalah metode analisis data yang alat penentunya justru bagian dari bahasa itu.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Korespondensi, Ketidaktepatan, Morfosintaksis, Diksi, Metode Agih
Subjects: 400 Language/Bahasa > 495.6 Japanese/Bahasa Jepang
Divisions: Fakultas Bahasa Dan Budaya > Bahasa dan Kebudayaan Jepang
Depositing User: Setyo Renny Perpustakaan
Date Deposited: 25 Apr 2019 14:55
Last Modified: 25 Apr 2019 14:55
URI: http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/959

Actions (login required)

View Item View Item