Vebly De Yosua, Moganti (2020) PERENCANAAN DESIGN AMPHIBI COACH SEBAGAI SARANA TRANSPORTASI PENUNJANG PARIWISATA DANAU TOBA. Other thesis, Universitas Darma Persada.
Text
COVER-DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
|
Text
14. BAB I.pdf Download (746kB) |
|
Text
15. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
16. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (818kB) |
|
Text
17. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
18. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
19. BAB VI.pdf Download (663kB) |
|
Text
21. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (193kB) |
|
Text
20. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendesain Amphibi Coach sebagai kendaraan penunjang pariwisata Danau Toba. Manfaat dari penelitian ini yaitu untuk mendapatkan desain yang paling baik dari Amphibi Coach dan menganalisa pengaruh penggunaan Fin Stabilizer pada Amphibi Coach. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu Metode Perbandingan, Metode Triall And Error, Metode Krylov Dan Metode Holtrop. Kriteria stabilitas yang digunakan mengacu pada IMO A.749 (18) Code On Intact Stability Chapter 3 Design Criteria Applicable To All Ship dan PP Nomor 55 Pasal 3 ayat 3d Tahun 2012. Hasil yang didapatkan untuk dimensi utama yaitu panjang 13,5 m, lebar 2,5 m dan tinggi 3,8 m memiliki displacement sebesar 27,24 ton dapat mengangkut 19 orang penumpang termasuk crew. Dari hasil analisa hambatan menggunakan software Maxsurft, Amphibi Coach model 1 (tanpa Fin Stabilizer) memiliki hambatan pada service speed 8 knot sebesar 4 kN dengan daya yang dibutukan sebesar 27,333 HP berbading terbalik dengan Amphibi Coach model 2 (dengan Fin Stabilizer) yang memiliki hambatan pada service speed 8,2 knot sebesar 4,5 kN dengan daya yang dibutukan sebesar 25,590 HP sedangkan untuk hambatan Amphibi Coach saat beroperasi di darat didapatkan sebesar 5600,85 N dengan daya yang dibutukan yaitu 421,15 HP. Analisa stabilitas telah memenuhi kriteria yang digunakan baik itu Amphibi Coach dalam keadaan berat kosong maupun berat penuh. Letak Fin Stabilizer pada Amphibi Coach paling baik berada pada jarak 6,65 m dari AP. Penggunaan Fin Stabilizer dapat mengurangi 1,123 deg/m gerak rolling pada keadaan Full Load dan 1,223 deg/m gerak rolling pada keadaan Empty Load dari Amphibi Coach tanpa Fin Stabilizer. Jari - jari putar Amphibi Coach telah memenuhi kriteria. Jarak jari – jari putar Amphibi Coach yaitu 25,96 m dan tactical diameter 51,92 m. Jarak advance Amphibi Coach yaitu sebesar 44,90 m. Perhitungan propulsi, konstruksi, kekuatan dan Fin Stabilizer secara detail sangat disarankan pada penelitian selanjutnya
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pariwisata Danau Toba, Amphibi Coach, Fin Stabilizer, RAO, Jari – jari Putar |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu Sosial > 387.2 Ships/Transportasi Kapal |
Divisions: | Fakultas Teknologi Kelautan > Teknik Perkapalan |
Depositing User: | Trie anto Perpustakaan |
Date Deposited: | 27 Dec 2021 02:27 |
Last Modified: | 27 Dec 2021 02:27 |
URI: | http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/2221 |
Actions (login required)
View Item |