FENOMENA CULTURE SHOCK PELAJAR INDONESIA DI OSAKA (Studi Kasus Pelajar Japanese Communication International School Kelas 初級, 中級, 上級 Angkatan 2018)

Sheila Annisa, Jehantara (2022) FENOMENA CULTURE SHOCK PELAJAR INDONESIA DI OSAKA (Studi Kasus Pelajar Japanese Communication International School Kelas 初級, 中級, 上級 Angkatan 2018). Other thesis, Unsada.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (932kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (966kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (717kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (722kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (735kB)
Official URL: http://repository.unsada.ac.id/cgi/oai2

Abstract

Menjalani kehidupan di lingkungan baru menjadi sebuah tantangan yang harus dihadapi oleh para pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan di luar daerah. Umumnya para pelajar tersebut akan mengalami kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan kebudayaan, norma, serta kebiasaan yang ada di lingkungan baru, terlebih lagi apabila mereka berasal dari negara lain. Hal ini tentunya berdampak pada ketidaknyamanan dan perasaan tidak bahagia berada di lingkungan baru, bahkan tidak jarang dari mereka kemudian pulang dan tidak melanjutkan pendidikannya di tempat perantauannya. Terkait dengan permasalahan tersebut, penulis merasa tertarik untuk mengambil tema fenomena sosial yang dialami oleh para pelajar Indonesia di Jepang. Fenomena sosial ini diistilahkan sebagai gegar budaya atau culture shock. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor serta dampak yang terjadi pada pelajar Indonesia yang bersekolah di Japanese Communication International School ketika mengalami culture shock di sekolah maupun di luar lingkungan sekolah dalam kehidupan sehari-hari dan juga cara mengatasinya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis berupa penyebaran angket kepada pelajar Indonesia yang bersekolah di Jcom. Hasil penelitian ini adalah sebagian besar pelajar Indonesia mengerti bagaimana cara mengatasi dampak culture shock, sedangkan sebagian kecil pelajar Indonesia merasa kesulitan dalam mengatasi dampak culture shock. Secara keseluruhan, kemampuan adaptasi pelajar Indonesia yang bersekolah di Jcom dapat dikatakan sangatlah mumpuni dapat bertahan hidup di Jepang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Faktor-faktor, dampak, cara mengatasi, culture shock, pelajar Indonesia.
Subjects: 300 Social Science/Ilmu Sosial > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Bahasa Dan Budaya > Bahasa dan Kebudayaan Jepang
Depositing User: Julia Ningsih Perpustakaan
Date Deposited: 26 Sep 2022 06:58
Last Modified: 26 Sep 2022 06:58
URI: http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/4340

Actions (login required)

View Item View Item