Indah Purnama, Luigei (2022) RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENILAIAN KUALITAS PELAYANAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU DENGAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS PADA UNIVERSITAS DARMA PERSADA. Other thesis, UNSADA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (568kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (647kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (599kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (4MB) |
|
Text
BAB 6.pdf Download (490kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (556kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Kualitas pelayanan merupakan topik yang penting untuk ditinjau karena dapat dijadikan sebagai salah satu acuan dalam menentukan kepuasan pelanggan. Pemberian pelayanan di berbagai bidang, tidak terkecuali pada lembaga Pendidikan seperti perguruan tinggi, yang tak terlepas dari mutu pendidikan agar mampu unggul dalam persaingan. Salah satu unit yang berperan dalam keberhasilan penyelenggaraan perguruan tinggi ialah Divisi PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru). Meski dalam mendapatkan calon mahasiswa tidak hanya terpaku pada rancangan pelayanan PMB, namun tidak dapat terlepas dari persoalan untuk memberikan jaminan, pengendalian, dan perbaikan kualitas dalam menjaring calon mahasiswa baru. Dan untuk mengetahui sejauh mana kepuasan mahasiswa baru, diperlukan suatu wadah untuk menganalisis kinerja dari pelayanan PMB yang diberikan. Namun sayangnya, sampai saat ini mahasiswa baru Universitas Darma Persada tidak memiliki akses jika mereka ingin turut dalam memberikan penilaian dari pelayanan PMB yang mereka dapatkan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengimplementasikan sistem penilaian pelayanan PMB untuk mengevaluasi kesesuaian antara kinerja yang diberikan dan tingkat harapan pelayanan yang perlu dipenuhi. Sistem ini menggunakan metode waterfall dalam pengembangannya dan metode Importance Performance Analysis untuk mendapatkan penilaian kinerja pelayanan PMB atas kepuasan mahasiswa baru. Menurut hasil penelitian, sistem informasi penilaian pelayanan PMB UNSADA dapat menganalisis tingkat prioritas indikator pelayanan yang didapatkan dari pengisian kuisioner pelayanan PMB oleh mahasiswa baru dan penetapan nilai harapan pelayanan oleh PMB UNSADA. Faktor-faktor pelayanan tersebut akan menghasilkan tingkat kepuasan yang dijabarkan menjadi tiga kriteria, yaitu Tidak Puas, Puas, dan Sangat Puas. Kemudian hasil ini dapat diberikan rekomendasi atau catatan mengenai tindakan yang perlu dilaksanakan guna peningkatan pelayanan PMB selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Importance Performance Analysis |
Subjects: | 000 Generalities/Karya Umum > 005.1 Programming/Pemrograman |
Divisions: | Fakultas Teknik > Sistem Informasi |
Depositing User: | Suwatno Suwatno Perpustakaan |
Date Deposited: | 28 Nov 2022 04:42 |
Last Modified: | 01 Jul 2024 05:26 |
URI: | http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/4871 |
Actions (login required)
View Item |