RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENILAIAN KUALITAS PELAYANAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU DENGAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS PADA UNIVERSITAS DARMA PERSADA

INDAH PURNAMA, LUIGEI (2022) RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENILAIAN KUALITAS PELAYANAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU DENGAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS PADA UNIVERSITAS DARMA PERSADA. Other thesis, UNSADA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (568kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (647kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (490kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (556kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: http://repository.unsada.ac.id/cgi/oai2

Abstract

Kualitas pelayanan merupakan topik yang penting untuk ditinjau karena dapat dijadikan sebagai salah satu acuan dalam menentukan kepuasan pelanggan. Pemberian pelayanan di berbagai bidang, tidak terkecuali pada lembaga Pendidikan seperti perguruan tinggi, yang tak terlepas dari mutu pendidikan agar mampu unggul dalam persaingan. Salah satu unit yang berperan dalam keberhasilan penyelenggaraan perguruan tinggi ialah Divisi PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru). Meski dalam mendapatkan calon mahasiswa tidak hanya terpaku pada rancangan pelayanan PMB, namun tidak dapat terlepas dari persoalan untuk memberikan jaminan, pengendalian, dan perbaikan kualitas dalam menjaring calon mahasiswa baru. Dan untuk mengetahui sejauh mana kepuasan mahasiswa baru, diperlukan suatu wadah untuk menganalisis kinerja dari pelayanan PMB yang diberikan. Namun sayangnya, sampai saat ini mahasiswa baru Universitas Darma Persada tidak memiliki akses jika mereka ingin turut dalam memberikan penilaian dari pelayanan PMB yang mereka dapatkan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengimplementasikan sistem penilaian pelayanan PMB untuk mengevaluasi kesesuaian antara kinerja yang diberikan dan tingkat harapan pelayanan yang perlu dipenuhi. Sistem ini menggunakan metode waterfall dalam pengembangannya dan metode Importance Performance Analysis untuk mendapatkan penilaian kinerja pelayanan PMB atas kepuasan mahasiswa baru. Menurut hasil penelitian, sistem informasi penilaian pelayanan PMB UNSADA dapat menganalisis tingkat prioritas indikator pelayanan yang didapatkan dari pengisian kuisioner pelayanan PMB oleh mahasiswa baru dan penetapan nilai harapan pelayanan oleh PMB UNSADA. Faktor-faktor pelayanan tersebut akan menghasilkan tingkat kepuasan yang dijabarkan menjadi tiga kriteria, yaitu Tidak Puas, Puas, dan Sangat Puas. Kemudian hasil ini dapat diberikan rekomendasi atau catatan mengenai tindakan yang perlu dilaksanakan guna peningkatan pelayanan PMB selanjutnya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Importance Performance Analysis
Subjects: 000 Generalities/Karya Umum > 005.1 Programming/Pemrograman
Divisions: Fakultas Teknik > Sistem Informasi
Depositing User: Suwatno Suwatno Perpustakaan
Date Deposited: 28 Nov 2022 04:42
Last Modified: 28 Nov 2022 04:42
URI: http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/4871

Actions (login required)

View Item View Item