Anggy Dewanto, Putra (2022) PENGARUH MODIFIKASI PORTING DAN POLISH TERHADAP PERFORMA SEPEDA MOTOR HONDA CBR 150R. Other thesis, UNSADA.
Text
COVER.pdf Download (774kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (614kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (599kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (599kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Untuk dapat menaikkan performa mesin dapat dilakukan dengan memperbesar kapasitas mesin atau memperbesar diameter piston (bore up), biasanya merupakan modifikasi yang dilakukan ketika belum cukup puas dengan performa yang telah didapat. Namun pilihan untuk menaikan kapasitas mesin adalah pilihan terakhir ketika semua modifikasi telah dilakukan dan tidak menemukan kepuasan terhadap tenaga yang diinginkan. Porting ialah usaha untuk meningkatkan atau memperbaiki efisiensi volumetrik dengan mengoptimalkan aliran gas ke dalam ruang bakar untuk mendapatkan performa mesin yang maksimal dan efisien. Dan polish adalah menghaluskan permukaan area yang sudah di porting. Pengujian dilakukan dengan menggunakan sepeda Motor Honda Cbr 150. Pengujian dilakukan dengan menggunakan bahan bakar pertamax 1 liter. Pengujian ini dilakukan untuk mencari daya, torsi, dan konsumsi bahan bakar. Bahan dan alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah cylinder head, mesin bor tuner, dynamometer (dynotest), laptop/komputer, dan ECU. Metode pengujian dilakukan mulai dari dynotest sepeda motor standar, proses porting dan polish dibagian cylinder head, pembersihan cylinder head, perakitan cylinder head, tahap terakhir melakukan dynotest untuk mengetahui perubahan daya dan torsi sebelum dan sesudah porting dan polish. Porting dan polishing lubang intake dan exhaust dengan menggunakan bahan bakar pertamax menghasilkan daya maksimal 21,9 HP yang dicapai pada putaran mesin 10935 rpm dan torsi maksimal 15,70 yang dicapai pada putaran 9368 rpm atau lebih besar dari daya maksimum standar (sebelum porting dan polish) yaitu sebesar 16,7 HP yang dicapai pada putaran mesin 10292 rpm dan torsi maksimal 12,66 N.m yang dicapai pada putaran 7591 rpm. Sehingga mendapatkan selisih daya 5,2 HP dan torsi 3,04 N.m. Peningkatan daya dan torsi ini bertujuan untuk menaikkan performa mesin agar lebih optimal saat berada dijalan-jalan perbukitan atau diajang event drag race.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Porting, Polish, modifikasi, performa, dynotest, daya, torsi |
Subjects: | 600 Technology and Applied Sciences /Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 621.8 Machine Engineering, Machinery/Teknik Mesin |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin |
Depositing User: | Suwatno Suwatno Perpustakaan |
Date Deposited: | 19 Dec 2022 04:05 |
Last Modified: | 19 Jun 2024 05:33 |
URI: | http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/5103 |
Actions (login required)
View Item |