“IMPLEMENTASI ALGORITMA K-MEANS PADA APLIKASI DATA MINING UNTUK MENENTUKAN STRATEGI MARKETING BISNIS USAHA INTERNET WI-FI” (STUDI KASUS : DAV NET CIBARUSAH)

Pangestu Andika, Darmawan (2022) “IMPLEMENTASI ALGORITMA K-MEANS PADA APLIKASI DATA MINING UNTUK MENENTUKAN STRATEGI MARKETING BISNIS USAHA INTERNET WI-FI” (STUDI KASUS : DAV NET CIBARUSAH). Other thesis, UNSADA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (656kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (498kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (497kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB)
Official URL: http://repository.unsada.ac.id/cgi/oai2

Abstract

Penelitian ini mencari strategi marketing yang mampu bersaing dengan kompetitor lain, masalah yang diangkat pada penelitian ini dilakukan untuk mempelajari data mining menggunakan algoritma K-Means yang diimplementasikan dalam pemilihan calon pelanggan potensial guna untuk menentukan strategi marketing di jasa internet wifi DAV NET. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan kuisioner yang dilakukan oleh pengelola usaha yang bersangkutan. Selanjutnya data dianalisa untuk menentukan data yang dibutuhkan dalam proses penentuan calon pelanggan potensial. Algoritma K- Means adalah metode yang cocok digunakan dengan satu tipe data dan ditunjang dengan validitas kluster yang menggunakan Davies-Bouldin Index untuk mengetahui seberapa baik proses kinerja pengklusteran. Dari eksperimen yang dilakukan dengan menggunakan algoritma K-Means dapat memberikan hasil yang akurat dalam mengelompokkan pelanggan potensial. Hasil pengklusteran data diproses perhitungan melalui aplikasi berbasis web dengan bahasa pemrograman PHP, CSS, HTML, dan JavaScript guna untuk mengetahui calon pelanggan yang potensial dan tidak potensial, dengan menggunakan dua kluster.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: data mining, strategi marketing, klustering, Algoritma K-Means
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences /Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Depositing User: Suwatno Suwatno Perpustakaan
Date Deposited: 19 Dec 2022 01:57
Last Modified: 19 Dec 2022 01:57
URI: http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/5140

Actions (login required)

View Item View Item