IMPLEMENTASI CHATBOT PADA PELAYANAN INFORMASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU MENGGUNAKAN METODE NATURAL LANGUAGE PROCESSING (STUDI KASUS: UNIVERSITAS DARMA PERSADA)

Andi, Alvin (2022) IMPLEMENTASI CHATBOT PADA PELAYANAN INFORMASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU MENGGUNAKAN METODE NATURAL LANGUAGE PROCESSING (STUDI KASUS: UNIVERSITAS DARMA PERSADA). Other thesis, UNSADA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (610kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (912kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (911kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (490kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (576kB)
Official URL: http://repository.unsada.ac.id/cgi/oai2

Abstract

Natural Language Processing atau NLP merupakan salah satu cabang ilmu dari Artificial intelligence yang berfokus pada pengolahan bahasa natural. Salah satu dari pemanfaatan dari NLP ini adalah dalam bidang customer service berbentuk chatbot.Universitas Darma Persada telah memiliki petugas. Petugas saat ini dapat dihubungi melalui telephone dan mengirimkan pesan email dan whatsapp. Pembuatan Chatbot akan menambah cara untuk mendapatkan informasi tentang Universitas Darma Persada. Chatbot merupakan program komputer yang berbasis artificial intelligence yang dapat mensimulasikan percakapan antar manusia. Chatbot dapat mengenali pertanyaan pengguna dan menjawab pertanyaan pengguna secara langsung. Terdapat beberapa proses pada preprocessing yaitu case folding, tokenizing, stemming, dan bag of words.Activation function yang digunakan adalah ReLU. Setelah proses preprocessing, data akan dilatih untuk dapat menjawab pertanyaan pengguna. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah Python dan Flask agar dapat terhubung dengan chatbot yang sudah dibangun dan terintegrasi pada website. Pengujian menggunakan 20 data uji dan didapatkan nilai akurasi saat training model sebesar 94,79%,akurasi pengujian sebesar 90%, nilai recall sebesar 94%, nilai presisi sebesar 94%, dan nilai f1 score sebesar 94%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Feed Forward Neural Network,Natural Language Processing, Chatbot, Universitas Darma Persada
Subjects: 000 Generalities/Karya Umum > 005.1 Programming/Pemrograman
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Depositing User: Suwatno Suwatno Perpustakaan
Date Deposited: 06 Jan 2023 04:33
Last Modified: 06 Jan 2023 04:33
URI: http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/5348

Actions (login required)

View Item View Item