Nadinda, Larasati (2023) DAMPAK MENONTON VTUBER TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA KOMUNITAS PENGGEMARNYA DI JEPANG. Other thesis, UNSADA.
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (703kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
BAB 4.pdf Download (588kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (597kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
HASIL TURNITIN.pdf Restricted to Registered users only Download (494kB) |
Abstract
Perilaku konsumtif merupakan sebuah kecenderungan untuk mengkonsumsi barang atau jasa secara berlebihan tanpa mempertimbangkan kebutuhan lainnya. Seperti halnya pada komunitas penggemar Virtual Youtuber, yang mana para penggemarnya membeli merchandise dan memberikan donasi dengan jumlah besar yang dianggap sebagai bentuk dukungan kepada virtual youtuber favoritnya. Virtual Youtuber (vtuber) sendiri merupakan youtuber pada umumnya namun mereka menggunakan avatar karakter ala anime Jepang dengan menggunakan teknologi Live2D yang membuat mereka dapat mengubah mimik wajah serta menggerakkan beberapa bagian anggota tubuh layaknya manusia sungguhan sehingga vtuber dapat leluasa melakukan interaksi dengan para penontonnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari menonton vtuber dapat memunculkan perilaku konsumtif pada komunitas penggemarnya khususnya yang berada di Jepang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif analisis deskriptif dan pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner kepada beberapa komunitas penggemar vtuber di Jepang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa menonton vtuber dapat memunculkan perilaku konsumtif penggemarnya. Penulis menemukan adanya perilaku konsumtif dikalangan penggemar vtuber dipengaruhi oleh intensitas menonton vtuber dari masing-masing individu yang mana semakin sering intensitas mereka dalam menonton vtuber, semakin tinggi pula kemungkinan dari munculnya perilaku konsumtif penggemarnya. Jadi dapat disimpulkan bahwa menonton vtuber memiliki dampak untuk memunculkan perilaku konsumtif penggemarnya, namun perilaku yang muncul tergantung pada intensitas menonton vtuber tersebut.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Virtual Youtuber, Perilaku konsumtif, Dampak |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations, Social Psychology/Interaksi Sosial, Hubungan Antarindividu, Hubungan Antarmanusia, Hubungan Antarpersonal, Psikologi Sosial |
Divisions: | Fakultas Bahasa Dan Budaya > Bahasa dan Kebudayaan Jepang |
Depositing User: | Suwatno Suwatno Perpustakaan |
Date Deposited: | 19 May 2023 07:24 |
Last Modified: | 31 May 2024 07:17 |
URI: | http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/6109 |
Actions (login required)
View Item |