ANALISIS STRATEGI BISNIS PERUSAHAAN DENGAN METODE BALANCED SCORECARD DI PT. "X"

Robby Wahyudy, Rachrnan (2002) ANALISIS STRATEGI BISNIS PERUSAHAAN DENGAN METODE BALANCED SCORECARD DI PT. "X". Other thesis, UNSADA.

[img] Text
BAB 01.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB 02.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB 03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB 05.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 06.pdf

Download (8MB)
Official URL: http://repository.unsada.ac.id/cgi/oai2

Abstract

Era globalisasi saat ini memacu setiap industri baik manufaktur maupun jasa untuk dapat berkompetisi dalam pasar bebas. PT. X adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pendidikan dan pelatihan yang dalam hal ini berpacu untuk dapat meningkatkan pelayanan dan optimalisasi asset yang dimiliki oleh perusahaan. Salah satu konsep yang dapat digunakan untuk meningkatkan daya saing perusahaan adalah dengan perencanaan strateg bisnis perusahaan. Permasalahan yang terjadi di perusahaan yaitu profitabilitas, likuiditas dan optimalisasi asset perusahaan, beberapa dari pelanggan merasa kurang terpuaskan, terdapat proses pelayanan yang tidak efektif dan efisien waktunya, kepuasan dan loyalitas pekerja yang sangat berpengaruh pada produktivitas pekerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur kinerja perusahaan dilihat dari finansial, pelanggan , proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan dengan menggunakan metode Balanced Scorecard yang selanjumya dianalisis. Pada finansial yang dihitung adalah ROI (Return On Invesment), Profit Margin, ROE (Return On Equity), Tngkat Perputaran Piutang, dan Tmngkat Perputaran Aktiva. Pada pelanggan menggunakan kuesioner untuk mengukur kepuasan pelanggan dengan 30 pertanyaan dengan 4 variabel lalu diuji validitas dan reliabilitasnya. Pada proses bismis internal dihitung waktu proses (MCE) pada proses inovasi, proses operasi dan proses layanan purna jual Pada pembelajaran dan pertumbuhan untuk mengukur kepuasan pekerja menggunakan kuesioner dengan 45 butir pertanyaan dengan 5 variabel lalu diuji validitas dan reliabilitasnya, retensi pekerja dihitung persentase keluarnya pekerja dalam tiga tahun, dan menghitung produktivitas pekerja dalam tiga tahun. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pada finansial rata-rata nlai ROI selama tiga tahun sebesar 19 %, Profit Margin mengalami penurunan sebesar 0,3 %, rata-rata nilai ROE selama tiga tahun sebesar 37,I %, rata-rata periode pengumpulan piutang 7,3 hari, dan rata-rata perputaran aktiva selama tiga tahun sebesar 9,5 x. Pada pelanggan didapat dari hasil kuesioner kepuasan pelanggan, dari 30 pertanyaan hanya 3 yang tidak valid karena r hitung r tabel dan nilai alpha cronbachnya sebesar 0,862. Pada proses bisnis internal hasil da ri pengukuran waktu proses (MCE) ternyata kurang dari I yang berarti terdapat aktivitas yang tidak menambah nilai dalam prosesnya. Pada pembelajaran dan pertumbuhan didapat dari hasil kuesioner kepuasan pekerja, dari 45 butir pertanyaan hanya 4 yang tidak valid karena r hitung r tabel dan nilai alpha cronbahnya sebesar 0,64113. Sedangkan untuk retensi pekerja selama tiga tahun mengalami pemurunan dari 2,5 menjadi 0 yang berarti pekerja mempunyai loyalitas yang cukup tinggi, dan produktivitas pekerja mengalami kenaikan sebesar 0,93 dari 9,23 menjadi 10,16 dalam tiga tahun yang berarti pekerja mempunyai produktivitas yang cukup tinggi. %

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Manajemen perusahaan
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences /Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 658.02 Manajemen perusahaan
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Suwatno Suwatno Perpustakaan
Date Deposited: 28 Aug 2023 04:40
Last Modified: 28 Aug 2023 04:40
URI: http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/6658

Actions (login required)

View Item View Item