PERANCANGAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI GAP INFORMASI PADA SISTEM PENJUALAN PRODUK MOTOR DI PT X

Fany, Kusumawardani (2023) PERANCANGAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI GAP INFORMASI PADA SISTEM PENJUALAN PRODUK MOTOR DI PT X. Other thesis, UNSADA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (499kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (705kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (826kB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (489kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (527kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (992kB)
[img] Text
HASIL TURNITIN.pdf

Download (551kB)
Official URL: http://repository.unsada.ac.id/cgi/oai2

Abstract

PT.X adalah perusahaan yang bergerak pada bidang penjualan motor yang terletak di Jakarta Pusat. Sebagai salah satu sarana pembelian transportasi, perusahaan memiliki sistem penjualan yang masih ada sedikit kekurangan yang menurunkan tingkat kepuasan pelanggan. Hal tersebut yakni merupakan adanya kesenjangan informasi dari perusahaan kepada pelanggan mengenai beberapa informasi ketika akan melakukan pembelian motor. Untuk menangani masalah tersebut, penelitian ini dilakukan dengan beberapa langkah. Langkah pertama yakni menyebar kuisioner kepada pelanggan lalu setelahnya data kuisioner tersebut diolah terkait kecukupan data dan validasi data. Kuisioner tersebut berisi dua variabel yakni variabel customer relationship management (CRM) dan variabel kepuasan pelanggan. Hasil kuisioner juga diolah terkait pembobotan skor skala likert untuk menentukan faktor dominan CRM. Faktor-faktor tersebut menunjukkan dukungan terkait perancangan aplikasi CRM. Perancangan aplikasi CRM tersebut dilakukan dengan membuat use case diagram, activity diagram dan selanjutnya pembuatan aplikasi CRM. Penilitian ini diperkuat oleh kuisioner yang disebar oleh peneliti kepada 100 responden yang merupakan pelanggan pembeli motor di PT.X. Perhitungan kecukupan data kuisioner dinyatakan cukup karena nilai N adalah sebesar 100 dan nilai n adalah sebesar 80 dalam artian N > n. Perhitungan validasi data kuisioner dinyatakan valid dengan nilai r hitung atau pearson correlation seluruh indikator memiliki nilai lebih besar dari 0,256. Penentuan faktor dominan dilihat dari hasil pembobotan nilai tanggapan responden lalu didapat faktor pendukung nya yakni perusahaan memiliki aplikasi pembelian motor dengan bobot nilai sebesar 481 dan karyawan perusahaan memiliki skill yang menunjang dengan bobot nilai sebesar 487. Faktor yang telah didapatkan tersebut menjadi dukungan untuk perancangan aplikasi CRM. Perancangan aplikasi customer relationship management (CRM) ini diharapkan dapat mendukung hubungan antara perusahaan dengan pelanggan dengan lebih baik sehingga kepuasan pelanggan akan meningkat serta diharapkan dapat membantu hilir dari supply chain management yakni distribusi produk dari perusahaan ke pelanggan

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Customer Relationship Management, Kepuasan Pelanggan, Aplikasi.
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences /Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 658.812 Customer Relations, Customer Services/Hubungan Pemasaran dengan Pelanggan, Layanan kepada Pelanggan
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Suwatno Suwatno Perpustakaan
Date Deposited: 29 Aug 2023 04:10
Last Modified: 29 Aug 2023 04:10
URI: http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/6665

Actions (login required)

View Item View Item