PENGARUH PENGGUNAAN MATERI KEBUDAYAAN TIONGKOK TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN DI SMA MARSUDIRINI FONS VITAE 1 JAKARTA

MURDIANSYAH, MURDIANSYAH (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MATERI KEBUDAYAAN TIONGKOK TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN DI SMA MARSUDIRINI FONS VITAE 1 JAKARTA. Other thesis, UNSADA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (579kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (724kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (984kB)
[img] Text
HASIL TURNITIN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)
Official URL: http://repository.unsada.ac.id/cgi/oai2

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh materi kebudayaan Tiongkok terhadap peningkatan kemampuan hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA Marsudirini Fons Vitae 1 Jakarta dalam penguasaan Bahasa dan Kebudayaan Tiongkok. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif, karena data yang dikumpulkan juga dilakukan penghitungan dalam menganalisisnya, dan dipaparkan secara deskriptif. Penelitian ini juga merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan oleh penulis dalam rangka meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dari berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) tentang pengaruh penggunaan materi Kebudayaan Tiongkok terhadap kegiatan belajar menganjar (KBM) Bahasa Mandarin, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dengan memasukkan materi kebudayaan Tiongkok dalam pembelajaran bahasa Mandarin. Hal ini diperoleh dari hasil penelitian terhadap 30 peserta didik SMA Marsudirini Fons Vitae Kelas XI MIPA 3 Jakarta yang menunjukkan peningkatan nilai peserta didik selama mengikuti pembelajaran tersebut dapat dilihat berdasarkan data yang menunjukkan bahwa terdapat 73.3% peserta didik yang nilainya meningkat atau sebanyak 22 orang dari 30 orang peserta didik setelah mendapatkan pelajaran bahasa Mandarin yang memasukkan materi kebudayaan Tiongkok. Peningkatan nilai tersebut terjadi karena sebagian besar peserta didik merasa pembelajaran bahasa Mandarin yang memasukkan kebudayaan Tiongkok lebih menarik dan lebih mudah dipahami.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: kebudayaan Tiongkok, penelitian tindakan kelas.
Subjects: 300 Social Science/Ilmu Sosial > 306.095 1 Specific Aspect of Culture/Aspek Spesifik tentang Budaya dan Kebudayaan (Tionghoa)
Divisions: Fakultas Bahasa Dan Budaya > Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok
Depositing User: Suwatno Suwatno Perpustakaan
Date Deposited: 01 Nov 2023 03:12
Last Modified: 01 Nov 2023 03:12
URI: http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/6993

Actions (login required)

View Item View Item