STRATEGI PERBAIKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DI JURUSAN TEKNIK INDUSTRI UNIVERSITAS DARMA PERSADA

H. Muhamad, Fauzi (2002) STRATEGI PERBAIKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DI JURUSAN TEKNIK INDUSTRI UNIVERSITAS DARMA PERSADA. Other thesis, Universitas Darma Persada.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (742kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (873kB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.unsada.ac.id/cgi/oai2

Abstract

Universitas Darma Persada merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di jakarta timur yang ikut berperan serta dalam menyiapkan sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas dan berbudi pekerti yang dapat diterima oleh pasar global, dan untuk mewujudkan sumber daya manusia Indonesia yang berualitas dan berbudi pekerti dapat ditempuh dengan kelas yang berkualitas yang menjadi pokok penelitian ini. Proses pembelajaran yang sedang berlangsung dida/am objek penelitian diangap masih be/um memadai dan sarana, prasarana be/um cukup menunjang dalam mewujudkan pembelajaran yang berkualitas, sesuai dengan visi dan misi Tl UNSADA; dimana visi yang diemban adalah menerapkan TQM dalam menghasilkan lulusan di Tl UNSADA untuk menghadapi globalisasi pendidikan tinggi, sedangkan misi yang ingin dicapai adalah menciptakan sistem belajar mengajar yang baik sesuai dengan harapan bangsa dan negara serta mendorong peran aktif dalam bidang pendidikan riset dan kerja sama antara Jurusan Tl seindonesia. Pada penelitian ini untuk mewujudkan kelas yang berkualitas penulis menggunakan metode TQM yang dikenal dengan istilah "lima pilar TQM", yang terdiri dari proses, produk, organisasi, pemimpin dan komitmen. Namun da/am tugas Akhir ini hanya proses dan produk saja, dengan tidak melupakan ketiga pilar yang lain. Hal ini karena keterbatasan waktu dan dari kedua pilar tersebut sudah mewakili dalam penelitian perbaikan kualitas pembelajaran di Tl UNSADA, serta data yang diperoleh atau diambil berdasarkan instrumen penelitian (uesioner) hanya dosen, mahasiswa dan alumni di TI UNSADA, dengan ditunjang penerapan Siklus SIAM yang terdiri dari empat langkah yaitu:Situasi saat ini (kcndisi-kondisi yang ada di Tl UNSADA seperti faktor kegiatan kuliah mahasiswa, faktor pembelajaran dosen, faktor sarana, faktor prasarana, faktor suasana kerja dosen dan faktor pelayanan sekretariat). Latu ldentifikasi masalah-masalah yang vital/penting dari keenam faktor tersebut, dan Bertindak pada masalah-masalah dari keenam faktor tersebut, dan Mengawasi kemajuan-kemajuan, pada langkah ini akan dilihat perubahan-perubahan yang terjadi setelah diadakan perbaikan-perbaikan terhadap masalah yang ada. Berdasarkan instrumen penelitian dari ujj validitas dan reliabilitas dari 9 buah variabel (faktor kgiatan pembelajaran) yang terdiri dari 95 item awal terdapat 11 item yang gugur dan 84 item yang dikatakan valid dengan keterhandalan sebesar 1,060. Dan berdasar digram pareto faktor yang dominan untuk menciptakan kelas yang berkualitas adalah prasarana, OH sebesar 17,. 031 %, sarana, perpustakaan khusus untuk Tl sebesar 14,349%, pembelajaran dosen, kesesuaian SAP/silabi sebesar 8,611%, kegitan kuliah mahasiswa, keaktifan selama proses perkuliahan sebesar 8,502% suasana kerja dosen, hubungan dosen dengan mahasiswa sebesar 14,012%, pelayanan sekretariat, permohonan pembuatan surat KP/TA sebesar 11,508%, kemampuan bekerja alumni, mater perkuliahan belum cukup memadai sebesar 13,846%, kemampuan wira usaha dan pengembangan alumni, kesesuaian SAP/silabi terhadap dunia kerja sebesar 12,716%, kepuasan kerja alumni, dalam hal pekerjaan sebesar 18,378% dan metode pengajaran kurang interaktif berdasarkan diagram sebab akibat. Untuk mewujudkan kelas berkualitas perlu ; beban sks sesuai SAP/silabi, penyajian materi kuliah interaktif, kedisiplinan mahasiswa dan dosen serta melengkapi sarana dan prasarana di Jurusan TI UNSADA.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: METODE TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM)
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences /Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 658.4013 Control and Quality Management/Manajemen Kontrol dan Kualitas
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Trie anto Perpustakaan
Date Deposited: 01 Nov 2023 03:09
Last Modified: 01 Nov 2023 03:09
URI: http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/7019

Actions (login required)

View Item View Item