ANALISIS PENINGKATAN RELIABILITY DAN PERBAIKAN PENJADWALAN PERAWATAN MESIN MILLING DENGAN METODE PREVENTIVE MAINTENANCE DI CV. X

lrfan, Hariyanto (2013) ANALISIS PENINGKATAN RELIABILITY DAN PERBAIKAN PENJADWALAN PERAWATAN MESIN MILLING DENGAN METODE PREVENTIVE MAINTENANCE DI CV. X. Other thesis, UNSADA.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (984kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (706kB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.unsada.ac.id/cgi/oai2

Abstract

CV.Panji Presisi Enggineering adalah perusahaan industri yang bergerak dibidang manufakturing sebagai sub kontraktor dari beberapa perusahan. Aktivitas perusahaan sering terganggu atau kurang lancar dalam bidang produksi karena tidak adanya manajemen perawatan mesin terencana dengan baik. Perawatan mesin dilakukan hanya dilakukan kalau ada masalah yang terjadi pada kerusakan komponenlbagian mesin, sehingga perlu dikajj kembali mengenai sistem perawatan yang ada. Metode perawatan yang akan dilakukan adalah preventive maintenance yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja mesin, reliability dan maintenability. Dalam rangka perbaikan sistem perawatan preventive maintenance, yaitu mengidentifikasikan mesin-mesin kritis yang memiliki frekuensi kerusakan (downtime) yang tinggi.Selanjutnya data kerusakan mesin dilakukan pengujian terhadap 4 distribusi data, yaitu welbull, normal, lognormal dan eksponensial. Kemudian menghitung MTTF (mean time to failure),MTTR (mean time to repair), dan Reliabilty melalui perhitungan r hitung dibandingkan dengan r table dengan tingkat ketelitian ( a ) sebesar 5%. Berdasarkan hasil data diambil pada tahun 2011, terdapat 1 mesin dan 2 komponen kritis, yaitu penggantian vbelt dan dc motor. Jadwal penggantian komponen vbelt sebelum perbaikan sistem perawatan preventive dilakukan pada tiap 1083,926 jam, sedangkan setelah dilakukan perbaikan system perawatan sebesar 295,78 jam berdasarkan model optimal. Jadwal penggantian komponen dcmotor dilakukan pada tiap 131,835 jam, sedangkan setelah dilakukan perbaikan system perawatan sebesar 528,19 jam. Hasil perhitungan MTTF (Mean Time to Failure) untuk penggantian vbelt sebelum perbaikan sebesar 52,79% dan sesudah perbaikan atau penerapan metode preventive maintenance sebesar 85 %, sedangkan untuk komponen de motor sebelum perbaikan sebesar 41,29 % dan sesudah perbaikan atau penerapan metode preventive maintenance sebesar 90 %. Nilai reliability vbelt sebesar 85% adalah 1007,909 jam, sedangkan untuk komponen dcmotor s ebes ar 90 % adalah 717,07 jam.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Preventive Maintenance,MTTF (mean time to failure),MTTR (mean time to repair),Reliability.
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences /Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620.004 6 Engineering Maintenance and Repair/Perawatan dan Pemeliharaan Teknik, Perbaikan dan Reparasi Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Suwatno Suwatno Perpustakaan
Date Deposited: 02 Nov 2023 06:42
Last Modified: 02 Nov 2023 06:42
URI: http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/7026

Actions (login required)

View Item View Item