ANALISIS PENGUKURAN KINERJA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD DI UNIVERSITAS DARMA PERSADA

Ebit Giade, Tarihoran (2014) ANALISIS PENGUKURAN KINERJA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD DI UNIVERSITAS DARMA PERSADA. Other thesis, UNSADA.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (998kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (737kB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (815kB)
Official URL: http://repository.unsada.ac.id/cgi/oai2

Abstract

Universitas Darma Persada adalah suatu kampus yang memberikan jasa dalam dunia pendidikan. Kampus yang sudah 22 tahun berdiri dan memberikan kontribusi bagi bangsa Indonesia dalam memncerdaskan para mahasiswa-mahasiswi yang belajar di kampus ini. Kampus ini menentukan strategi dan melakukan penerapanya menggunakan metode Balanced Scorecard agar bisa meningkatkan dan mengembangkan kinerja kampus untuk bisa bersaing dalam persaiangan perguruan tinggi baik ampus yang dikelola oleh pemerintah maupun kampus pihak swasta. Dengan menggunakan metode Balanced Scorecard, dengan tujuan mengetahui kinerja kampus dilihat dari empat perspektif yaitu perspektif finansial, perspektif pelanggan, perspektif bisnis internal dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan.sehingga kampus lebih efektif dan efisien dalam menjalankan kinetja setiap bagian-bagian struktur yang ada pada kampus. Pengkuran kinerja berdasarkan berdasaran empat perspektif yaitu finansial, pelanggan, proses bisnis internal dan pembelajaran dan pertumbuhan. Berdasarkan hasil pengolahan dari perspektif finansial selama dua periode diketahui bahwa nilai ROI adalah 27. 73 %, 28.32%;artinya bahwa ROI mengalami peningkatan sebesar 0.59% dan tingkat pengembalian modal selama kurang lebih 4 tahun. ROE adalah 30.64%, 31.80%;juga mengalami peningkatan sebesar 1.16% dan tingkat pengembalian modal kurang lebih 4 tahun. Profit margin 0.227%, 0.328%; rasio cepat 4. 75 kali, rasio lancer 4. 72 kali. Pada perspektif pelanggan di dapat dari hasil kuesioner kepuasan pelanggan semuanya valid. Pada perspektif proses bisnis internal kampus belum cukup memenuhi apa yang dibutuhkan oleh pe/angganlmahasiswa.Pada perspektif pembelajaran dan pertumbuhan retensi pekerja mengalami kenaikan dari 0.025% menjadi 0.0098%, begitu juga tingkat kelulussan mahasiswa yang mengalami kenaikan dari 397 orang menjadi 425 orang. Selanjutnya,ditentukan strategi kampus yaitu meningkatkan kualitas akademik mahasiswa,mengembangkan kurikulum berbasis kompetensi,menyusun silabus dan SAP secara bertahap dan berkelanjutan,menyelenggarakan kegiatan akademik yang didukung oleh IT(lnformasi Tekno/ogi) sehingga suasana belajar bisa terwujud,peningkatan peran perpustakaan dalam penunjang pendidikan,peningkatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat,peningkatan kualitas dosen melalui pelatihan/seminar/workshop,memperluas kerjasama dengan instusi pendidikan dan dunia usaha,meningkatkan kualitas akademik dosen melalui program tugas belajar dan untuk studi lanjut S-3.dan memperluas kerjasama dengan instusi dalam dan luar negeri ..

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Manajemen SDM
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences /Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 658.3 Personnel Management/Manajemen Personalia
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Suwatno Suwatno Perpustakaan
Date Deposited: 02 Nov 2023 04:08
Last Modified: 02 Nov 2023 04:08
URI: http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/7030

Actions (login required)

View Item View Item