ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) DI RUMAH BERSALIN RAHIEM

Riky, Andria (2014) ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) DI RUMAH BERSALIN RAHIEM. Other thesis, Universitas Darma Persada.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (925kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (781kB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (6MB)
Official URL: http://repository.unsada.ac.id/cgi/oai2

Abstract

Rumah Bersalin Rahiem adalah rumah bersalin khusus untuk melayani ibu hamil, mulai dari pemeriksaan, persalinan, hingga kesehatan anak-anak Rumah Bersalinrahiem adalah rumah bersalin Rahiemyang berada di Jakarta Timur yang selalu mengadakan perubahan-perubahan menuju ke arah yang lebih baik. Setiap perubahan - perubahan dilakukan untuk dapat menjadikan Rumah Bersalin sebagai Rumah Bersalin yang memberikan pelayanan terbaik untuk pasiennya. Oleh karena itu, selain terus meningkatkan pelayanan untuk pasiennya, Rumah Bersalin Rahiem juga perlu meningkatkan kredibilitas di mata masyarakat .. Untuk merencanakan upaya peningkatan kualitas pelayanan di rumah bersalin rahiemdigunakan metode Quality Function Dep/oyment(QFDJ. Adapun mengenai proses yang dilakukan untuk memecahkan permasalahan tersebut dengan melakukan uji validitas dan uji reliabilitas dari variabel-variabel bebas. Adapun kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini diharapkan dapat mengidentifikasi pengaruh dari karakteristik teknik dan karakteristik keinginan pelanggan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang lebik baik kedepannya dibandingkan dengan pesaing. Metode yang digunakan cdalah Quality Function Deployment yang bertujuan mengetahui keinginan yang seperti apakah yang harus dipenuhi oleh pasien dalam memberikan pelayananterbaik terhadap pelanggan berdasarkan House Of Quality. Berdasarkan hasil pengolahan data dengan menggunakan uji validitas terhadap salah satu variabel karakteristik teknik menunjukkan nilai korelasi product moment pearson mendapatkan hasil sebesar 0.343. Menentukan korelasi bagian total (rhitung) yang menghasilkan nilai 0414. Pengujian dilanjutkan dengan menentukan rtabel 0,312. Hasil ini menunjukkan rhitung > rtabel yang menunjukkan data valid, korelasi antara item 1 dengan karakteristik teknik. Tahap selanjutnya dilakukan uji reliabilitas terhadap Karakteristik Teknik Rumah Bersalin Rahiem menghasilkan nilai Alpha Cronbach 0.624. Sedangkan pengujian reliabilitas untuk Karakteristik Keinginan Pelanggan Rumah Bersalin Rahiem menghasilkan nilai Alpha Cronbach sebesar 0, 711. Berdasarkan dari hasil yang diperoleh QFD untuk kualitas pelayanan Rumah Bersalin Rahiem menghubungkan matriks hubungan (Relationship Matrix) kebutuhan pelanggan (Customer Needs) dengan karakteristik tekik (Technical Response) perhitungan maka nilai hubungan (Relationship Value) antara kebutuhan pelanggan terhadap karakteristik teknik berupa bentuk matrik Dengan membuatan House Of Quality dilihat nilai korelasi teknis dengan membandingkan antara keinginan pelanggan dengan karakteristik pelanggan. Hasil akhir pada Technical Matriks dengan nilai target 232 dan prioritas 6% yang hubungan sangat kuat didapat pada karakteristik keinginan pelanggan di variabel Prosedur penerimaan pasien dilayani katakteristik teknik variabel Reliability.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan pelanggan
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences /Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 658.812 Customer Relations, Customer Services/Hubungan Pemasaran dengan Pelanggan, Layanan kepada Pelanggan
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Julia Ningsih Perpustakaan
Date Deposited: 09 Nov 2023 04:02
Last Modified: 09 Nov 2023 04:02
URI: http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/7132

Actions (login required)

View Item View Item