PENGARUH SUDUT DAN KETINGGIAN CAMLIFT PADA CAMSHAFT TERHADAP PERFORMA DAN EMISI GAS BUANG HONDA VARIO 125 CC

Elga Alhila, Lukman (2023) PENGARUH SUDUT DAN KETINGGIAN CAMLIFT PADA CAMSHAFT TERHADAP PERFORMA DAN EMISI GAS BUANG HONDA VARIO 125 CC. Other thesis, UNSADA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (621kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (956kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (831kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (814kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (574kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (613kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
HASIL TURNITIN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
Official URL: http://repository.unsada.ac.id/cgi/oai2

Abstract

Semakin berkembangnya trsportasi di Indonesia shususnya sepeda motor, membuat masayarakat tidak dapat dipisahkan dari sepeda motor untuk kebutuhan sehari-hari. Selain untuk kebutuhan sehari-hari masyarakat juga banyak yang memodfikasi sepedamotor untuk mendapatkan performa yang maksimal, biasanya modifikasi dilakukan karena diarasa belum cukup puas dengan performa yang didapatkan. Namun menaikan kapasitas mesin merupakan pilihan terahir Ketika semua modifikasi telah dilakukan dan diarasa tidak menemukan kepuasan terhadap performa yang diinginkan.Memodifikasi camshaft merupakan salah satu modifikasi dengan cara merubah profile camshaft untuk mengatur seberapa lama dan cepat katup terbuka dan menutup. Pengujian ini dilakukan menggunakan sepeda motor honda vario 125 cc type mesin KZR. Pengujian dilakukan dengan bahan bakar pertamax 1 Liter. Pengujian ini dilakukan untuk mencari torsi, daya dan emisi gas buang yang dihasilkan. Metode pengujian penggunakan alat dynotest dan smoke meter, camshaft standart dengan bahan bakar pertamax mendaptakan daya maksimal sebesar 8.2 Hp pada 4500 Rpm, dan torsi maksimal 12,9 N.m pada 3000 Rpm. Pada camshaft A mendapatkan daya maksimal 8,6 Hp pada 4500 Rpm dan torsi maksimal 13,6 N.m pada 3000 Rpm. Padacamshaft B mendapatkan daya maksimal 8,9 Hp pada 4500 Rpm dan torsi maksimal 13,3 N.m pada 3000 Rpm. Emisi gas buang yang dihasilkan dinyatakan lulus uji emisipada semua camsaft Modifikasi camshaft bertujuan untuk meningkakan performa pada sepeda motor.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Camshaft, modifikasi, dynotest, torsi, daya
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences /Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 621.8 Machine Engineering, Machinery/Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Suwatno Suwatno Perpustakaan
Date Deposited: 04 Mar 2024 05:21
Last Modified: 04 Mar 2024 05:21
URI: http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/7658

Actions (login required)

View Item View Item